DetikNews
Rabu 14 Juni 2017, 22:28 WIB

Selama Perjalanan, Pemudik Diimbau Hormati Warga Setempat

Imam Suripto - detikNews
Selama Perjalanan, Pemudik Diimbau Hormati Warga Setempat Kapolda Jawa Tengah Irjen (Pol) Condro Kirono saat meninjau tol fungsional Brebes-Gringsing, Kendal, Senin (6/5). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Tegal - Kapolda Jawa Tengah mengimbau pemudik untuk berhati-hati selama perjalan. Tak hanya itu, dia meminta agar selama perjalanan pemudik menjaga sikap dan menghormati warga setempat.

"Pemudik selama mengendarai jaga sikap juga. Misalnya (kecepatan kendaraan) jangan lebih dari 40 km/jam. Dua lajur aja mengalir terus, jangan saling mendahului. Karena akan menimbulkan debu dan bisa memancing kemarahan warga," ujar Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono, saat meninjau kesiapan operasi di Mapolresta Tegal, Rabu (14/6/2017).

"Jangan sampai warga terganggu akibat debu sehingga mereka melakukan tindakan-tindakan yang merugikan pemudik itu sendiri," imbuhnya.

Menurutnya, jalur mudik tol fungsional dari Brebes Timur hingga Gringsing sepanjang 110 km, rawan terhadap aksi pengrusakan. Selain belum ada pagar pengaman, di lokasi tersebut juga minim penerangan.

Untuk mengamankan dan mencegah hal yang tak diinginkan, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono memerintahkan kepada anggota Babinkamtibmas untuk mengamankan jalur mudik di wilayah masing masing.

"Nanti anggota Babinkamtibmas yang tidak disertakan dalam pengaturan lalu lintas akan diminta ikut mengamankan di desa masing masing. Terutama wilayah yang dilewati pemudik," imbuhnya.

Pengawasan ini untuk meminimalisir adanya pihak pihak-yang tidak bertanggungjawab yang bisa mengganggu pemudik dengan melakukan pengrusakan.

"Terutama tindakan pengrusakan mobil pemudik yang melintas di sepanjang tol fungsional," ujar Condro Kirono.

Selain melibatkan anggota Bhabinkamtibmas, Condro Kirono juga akan menerjunkan anggota satuan Binmas. Salah satunya dengan pendekatan terhadap tokoh-tokoh masyarakat setempat terutama para pemudanya. Anggota binmas nanti akan melakukan sosialisasi di daerah-daerah yang dilalui pemudik.

"Para kapolres diminta menjalin kerjasama dan ini sudah ada yang mulai seperti di Batang dan Pemalang. Jalin kerjasama dengan warga dan pemuda. Mereka diajak untuk menjaga keamanan daerah masing-masing," tuturnya.
(sip/sip)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed