JIAS 2017 Jadi Tontonan Menarik Saat Long Weekend

Usman Hadi - detikNews
Minggu, 30 Apr 2017 13:31 WIB
Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Jogja International Air Show (JIAS) 2017 hari ini digelar di Pantai Depok, kawasan wisata Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Minggu (30/4/2017). Saat ini merupakan puncak acara JIAS 2017. Diperkirakan sekitar1 juta orang menyaksikan acara tahunan yang digelar oleh TNI AU.

Di Pantai Depok di kawasan obyek wisata Pantai Parangtritis, Kretek Bantul sejak pagi hingga siang digelar berbagai acara kedirgantaraan seperti terjun payung, terbang lintas microlight banner, aeromodelling, penerbangan massal chuck glidder, solo aerobatic ptts 2C, the jupiters dipslay, pegasus heli aerobatic team, joyflight microlight, dan festival paralayang.

Sebanyak 62 atlet terjun payung berasal dari mancanegara seperti Malaysia, Filipina, Kanada, Rusia, Thailand, Norwegia, Prancis, Amerika, Belgia, dan Jerman turut serta dalam penerjunan massal.

Ratusan ribu wisatawan saat ini memadati kawasan Pantai Depok dan sekitarnya. Mereka menyaksikan berbagai kegiatan kedirgantaraan di landasan di dekat Pantai Depok.

"JIAS 2017 digelar tidak hanya di Pantai Depok, Bantul saja, tapi juga di tempat lain di seluruh DIY. Ada 1 jutaan pengunjung selama acara digelar," Kepala Dispar DIY, Aris Riyanta kepada wartawan di Pantai Depok, Kretek, Bantul, Minggu (30/4/2017).

Selain di landasan pesawat di Pantai Depok kata Aris, JIAS 2017 juga digelar di kawasan Candi Prambanan Sleman, Kulonprogo, Alun-Alun Utara Kota Yogyakarta dan Lapangan Terbang Gading, Gunungkidul beberapa waktu lalu.
Diperkirakan setiap acara di gelaran di satu tempat, ada sekitar 200 ribu warga menyaksikan JIAS.

"Di Lapangan Terbang Gading 26 April, di Candi Prambanan 27 April, di Alun-alun Wates Kulonprogo 28 April, di Alun-alun Utara Yogyakarta 29 April, puncaknya di Pantai Depok hari ini," katanya.

Menurut dia, potensi wisata dirgantara di DIY terus meningkat setiap tahun. Oleh karena itu Dispar DIY bakal lebih konsen lagi menggarap wisata ini. Pihaknya juga bakal mengembangkan landasan lapangan terbang di Pantai Depok sebagai pusat pelatihan dirgantara DIY.

"Acara ini menarik bagi wisatawan. Pemerintah mendukung agar JIAS 2017 dilanjutkan dan bisa menjadi kalender tahunan. Kami akan mengajak Kementrian Pariwisata mengembangkan wisata ini, tidak hanya skala nasional, tapi juga mempromosikan skala internasional," pungkas Aris. (bgs/bgs)