JIAS Digelar Pemkab Bantul Siapkan Pengalihan Arus Lalin ke Parangtritis

Usman Hadi - detikNews
Minggu, 30 Apr 2017 12:51 WIB
Foto: Usman Hadi/detikcom
Bantul - Jogja International Air Show (JIAS) 2017 hari ini digelar di Pantai Depok, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Dinas Pariwisata (Dispar) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul mempersiapkan opsi pengalihan arus kendaraan di kawasan wisata Pantai Parangtritis

"Kita mengantisipasi agar tidak terjadi kemacetan seperti tahun sebelumnya di sepanjang Jalan Parangtritis. Kita persiapkan opsi pengalihan arus kendaraan," kata Kepala Dispar Bantul, Supriyanta di Pantai Depok, Minggu (30/4/2017).

Dia mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dishub Bantul dan Polres Bantul. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kemacetan arus kendaraan yang kerap terjadi saat pelaksanaan seperti tahun sebelumnya.

Menurutnya kendaraan dari arah Yogyakarta menuju kawasan Parangtritis, sesampainya di daerah Sempalan Pundong kendaraan pribadi dialihkan lewat jalur Pundong. Sementara kendaraan besar seperti bus langsung menuju ke jalan utama Jalan Parangtritis.

"Jadi biar tidak sampai macet. Di Sempalan Pundong sudah ada petugas mengatur dan mengalihkan," katanya.

Selain pengalihan arus kata dia, Dispar juga menambah petugas di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Induk Parangtritis. Total ada 30 petugas disiapkan, 20 petugas menjaga pintu masuk TPR, dan 10 petugas menjaga bagian dalam TPR.

"Jadi sepeda motor langsung masuk ke TPR. Sudah ada 10 petugas yang berjaga," ungkapnya.

Dia menambahkan sebanyak 20 petugas dari Dishub bersama kepolisian ditugaskan mengatur arus lalu lintas. Mereka bersama anggota kepolisian berjaga berjaga di ruas-ruas jalan yang berpotensi terjadi kemacetan.

"Untuk jalur menuju Pantai Parangtritis menjadi pintu masuk, sementara arah Pantai Depok dijadikan jalan keluar," pungkas dia. (bgs/bgs)