DetikNews
Kamis 27 April 2017, 19:13 WIB

Tersangka Diksar Maut Mapala UII Tolak Disebut Lakukan Kekerasan

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Tersangka Diksar Maut Mapala UII Tolak Disebut Lakukan Kekerasan Dua tersangka pelaku kekerasan Diksar Mapala UII Yogyakarta (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Karanganyar - Dua orang panitia Diksar maut Mapala UII yang telah ditetapkan sebagai tersangka menolak disebut melakukan kekerasan di luar prosedur. Keduanya mengaku bahwa yang dilakukannya telah sesuai standar dan bertujuan melakukan pendidikan.

Kedua tersangka, Angga Septiawan dan Wahyudi, mengaku tidak pernah berniat untuk membunuh para peserta. Bahkan mereka mengatakan, segala tindakan yang dilakukannya telah sesuai standart operational procedure (SOP).

"Tindakan kami masih dalam konteks pendidikan. Tidak ada kakak yang berniat membunuh adiknya," kata Wahyudi di Mapolres Karanganyar, Kamis (27/4/2017).

Selain tiga korban meninggal, yakni Muhammad Fadhli, Syait Asyam dan Ilham Nur Padmy Listiadin, 34 peserta lain juga mengalami luka-luka dalam diksar pada Januari lalu.

"Dalam kondisi hujan deras, mereka itu butuh sentuhan (tindakan yang mengarah pada kekerasan). Kalau tidak, justru kondisi mereka bisa lebih buruk," katanya.

Sementara itu, Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, mengatakan kedua tersangka melakukan tindakan kekerasan, baik dengan tangan kosong maupun dengan ranting pohon. Motifnya, sebagai bentuk hukuman karena peserta tidak dapat melakukan perintah senior dengan baik.

"Memang beberapa tindakan tidak diakui oleh tersangka. Tapi tidak masalah, penyidik sudah punya minimal empat alat bukti," kata Ade Safri.

Dua tersangka dijerat dengan Pasal 170 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara, berlapis Pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara.
(mbr/mbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed