DetikNews
Senin 17 Apr 2017, 21:07 WIB

Polresta Solo Amankan Pria yang Mengaku Anggota Interpol

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Polresta Solo Amankan Pria yang Mengaku Anggota Interpol Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Seorang pria ditahan aparat kepolisian karena diduga memalsukan identitas. Pria berinisial HN itu mengaku sebagai anggota polisi internasional (interpol). Namun setelah dicek, identitasnya tidak ada di dalam database kepolisian.

Dalam kasus tersebut, HN justru mengatakan dirinya adalah korban penipuan. Dia ditawari oleh seseorang yang tidak diketahui identitasnya untuk diperbantukan sebagai interpol.

Dia pun membayar Rp 15 juta untuk memperoleh identitas interpol. Namun tidak jelas alasannya menerima penawaran tersebut.

Kasatreskrim Polresta Surakarta, Kompol Agus Puryadi, mengatakan HN menggunakan identitas tersebut untuk melancarkan bisnis berjualan airsoft gun.

"Dia pakai identitas itu agar orang lebih percaya dengannya. Yang pasti untuk melanggengkan bisnisnya jualan airsoft gun," kata Agus di Mapolresta Surakarta, Senin (17/4/2017).

HN sebenarnya menjadi incaran polisi karena kasus penyalahgunaan narkoba. Ditnarkoba Polda Jateng melakukan penyergapan di sebuah rumah di Kelurahan Ketelan, Banjarsari, Solo, Minggu (16/4/2017).

Di saat itulah HN menunjukkan identitasnya sebagai interpol. Tak hanya itu, dia membawa senjata api dalam kondisi siap meletus. Namun polisi dapat segera membekuknya.

"Dalam kasus narkoba, tidak ditemukan barang bukti. Tapi setelah dites urine, dia positif memakai sabu-sabu. Dia hanya dikenakan rehabilitasi. Sedangkan kasus pemalsuan dokumen ini diserahkan ke Polresta Surakarta," ungkapnya.

Polisi mengamankan barang bukti berupa identitas palsu interpol, KTP dan senjata api berjenis Beretta beserta pelurunya. "Senjata ini legal, berizin. Setelah persidangan tentu akan kita cabut izinnya," kata dia.

HN dikenakan pasal 263 KUHP tentang pemalsuan dokumen. Dia diancam hukuman kurungan maksimal 6 tahun penjara.
  • Polresta Solo Amankan Pria yang Mengaku Anggota Interpol
    Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
  • Polresta Solo Amankan Pria yang Mengaku Anggota Interpol
    Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

(bgs/bgs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed