DetikNews
Minggu 16 April 2017, 18:33 WIB

Ribuan Warga Magelang Memperebutkan 1.111 Gethuk

Pertiwi - detikNews
Ribuan Warga Magelang Memperebutkan 1.111 Gethuk Foto: Pertiwi/detikcom
Jakarta - Ribuan warga Magelang merayahkan dan memperebutkan dua buah gunungan yang terbuat dari gethuk. Gethuk adalah makanan khas dan oleh-oleh khas Kota Magelang.

Rayahan gunungan gethuk tersebut merupakan puncak peringatan Hari Ulang tahun (HUT) ke 1.111 tahun Kota Magelang yang jatuh pada tanggal 11 April 2017.

Sebelum dirayah dua gunungan tersebut dilakukan kirab di sekitar Alun Alun Kota Magelang. Dua gunungan gethuk dan gunungan lainnya langsung di bawa ke tengah Alun Alun. Kurang dari 10 menit semua gunungan ludes tanpa sisa.

"Ada dua buah gunungan gethuk yang kita kirab. Isi kedua gunungan berjumlah 1.111 gethuk. Sama seperti peringatan HUT Kota Magelang," jelas Walikota Magelang, Sigit Widyonindito seusai acara di Alun Alun Kota Magelang, Minggu (16/4/2017).

Dua gunungan tersebut kata Sigit, melambangkan perempuan dan laki-laki yang diharapkan membawa kesuburan serta kesejahteraan bagi Kota Magelang. Selain dua gunungan gethuk, terdapat pula 17 gunungan lainnya yang berisi hasil bumi. Gunungan ini merupakan persembahan dari masing-masing kelurahan di Kota Magelang.

Menurut Sigit, gerebeg getuk tahun ini lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, partisipasi masyarakat dalam setiap kegiatan juga dinilai luar biasa.

"Ke depan, gerebeg gethuk ini diharapkan terus berkembang dan semakin mengangkat potensi lain di Kota Magelang," katanya.

Sementara itu Ketua Seksi Prosesi Budaya dan Gerebeg Gethuk, Joko Budiyono menambahkan, terdapat sedikitnya 400 seniman yang berpartisipasi pada acara kirab tersebut. Dua buah kereta kencana dari Yogyakarta juga digunakan saat kirab.

"Selain gerebeg gethuk, ada juga drama tarian kolosal 200 siswa yang menari dengan cerita Babad Mahardika. Tarian yang dengan sutradara Gepeng Nugoroho tersebut menggambarkan perjuangan dan sejarah berdirinya Kota Magelang," katanya.
  • Ribuan Warga Magelang Memperebutkan 1.111 Gethuk
    Foto: Pertiwi/detikcom
  • Ribuan Warga Magelang Memperebutkan 1.111 Gethuk
    Foto: Pertiwi/detikcom

(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed