DetikNews
Kamis 13 April 2017, 21:01 WIB

Penyelesaian Tol Soker Ruas Solo-Ngawi Tergantung Pembebasan Lahan

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Penyelesaian Tol Soker Ruas Solo-Ngawi Tergantung Pembebasan Lahan Foto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah
Solo - Proyek jalan tol Solo-Kertosono ruas Solo-Ngawi ditargetkan beroperasi tahun 2017 ini. Namun target tersebut terancam molor jika masalah pembebasan lahan belum juga dituntaskan.

Direktur PT Solo Ngawi Jaya (SNJ), David Wijayatno mengatakan pembebasan lahan wajib rampung pada bulan Mei agar proyek tidak molor. Beberapa lahan yang perlu dibebaskan berada di Jawa Timur.

"Akibatnya truk tidak bisa masuk ke proyek. Kalau lewat desa dilarang masyarakat. Ini yang menghambat progres di Jawa Timur," kata David di Kantor Dinas Perhubungan Surakarta, Kamis (13/4/2017).

Proyek di ruas Solo-Ngawi dibagi menjadi tiga. Ruas Kartasura-Karanganyar mencapai 95 persen. Karanganyar-Mantingan mencapai 76 persen. Selanjutnya ruas Mantingan-Ngawi baru 55 persen.

"Sudah on target, tapi untuk Mantingan-Ngawi sedikit terlambat karena faktor cuaca, hujan terus, termasuk karena masalah pembebasan lahan," ujarnya.

Sedangkan di Jawa Tengah, PT SNJ masih perlu membangun overpass sebagai penghubung antar jalan desa. Pembangunan overpass terkendala regulasi yang berubah.

"Pembangunan overpass di Jateng terkendala karena ada perubahan desain. Dulu (ketinggian tanjakan) boleh 10 persen, tapi sekarang harus 5 persen. Konsekuensinya jadi lebih panjang, agar masyarakat tidak terlalu menanjak saat lewat. Ini perlu pengadaan lahan juga," katanya.


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed