DetikNews
Selasa 11 Apr 2017, 19:30 WIB

Pemkot Solo Bagikan Kunci Kios Pasar Klewer

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Pemkot Solo Bagikan Kunci Kios Pasar Klewer Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Jakarta - Pemerintah Kota Surakarta mulai membagikan kunci kios kepada para pedagang Pasar Klewer. Pembagian dilakukan di Pendapi Gede Balai Kota Surakarta.

Kunci dibagikan secara bertahap oleh petugas Dinas Perdagangan (Disdag). Sebanyak 837 dari dari 1.694 pedagang di lantai 1 yang menerima kunci.

"Penyerahan kunci dilakukan secara bertahap. Sisanya, untuk lantai semi-basement kita bagi pada hari Rabu," kata Kepala Disdag, Subagiyo usai pembagian kunci.

Subagiyo mengatakan masih ada 19 pedagang yang belum melengkapi persyaratan. Mereka diberi batas waktu hingga 30 April 2017 untuk memenuhinya.

"Jika tidak juga melengkapi persyaratan, maka kios akan kita ambil alih. Bisa kita berikan untuk pedagang lain," katanya.

Adapun persyaratan yang diberikan kepada pedagang adalah menunjukkan surat hak penempatan (SHP) asli, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), bukti pelunasan tunggakan retribusi Pasar Klewer sebelum terbakar.

Selain itu, pedagang wajib mengikuti program e-retribusi, serta membuat surat pernyataan untuk tidak mengalihkan penggunaan kios ke pihak lain tanpa izin pemkot. Syarat lain, pedagang wajib menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Penjual busana Jawa dan wayang di Pasar Klewer, Suyanto, mengaku senang dapat segera pindah ke pasar yang baru. Pasalnya, pasar darurat yang ditempati selama ini kurang representatif untuk berjualan.

"Pelanggan-pelanggan sudah saya beri tahu kalau mau pindah di tempat yang baru. Semoga di sana semakin lancar," ungkapnya.

Rencananya, pedagang dapat memasuki kios masing-masing pada 13 April 2017. Rencananya peresmian akan dilakukan pada 21 April 2017 oleh Presiden Joko Widodo.
(bgs/bgs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed