detikNews
Rabu 24 Februari 2016, 15:53 WIB

Teror Ular di Pusat Kota Semarang, ini Cerita Warga Tangkap Piton 4 Meter

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Teror Ular di Pusat Kota Semarang, ini Cerita Warga Tangkap Piton 4 Meter Foto: Angling Adhitya P/detikcom
Semarang - Ular piton 'menyerang' kawasan pusat kota Semarang, Jawa Tengah. Belasan di antaranya berukuran besar dan sudah ditangkap.

Lokasi kejadian berada di sekitar Jalan Anggrek, Kelurahan Pekunden, Semarang Tengah. Ini terletak tak jauh dari kawasan Simpang Lima, jantung Kota Semarang.

Wawan Gustiawan, warga Jalan Anggrek VII mengatakan sudah ada puluhan ekor yang ditangkap di Jalan Anggrek. Ukurannya mulai 50 cm hingga 4 meter. Semuanya jenis Piton.

"Sebulan ini yang 2-3 meter itu ada 11 ekor, yang sekitar setengah meter jumlahnya sampai 20-an," tandasnya.

Sementara itu, salah satu warga yang kerap menangkap ular yaitu Totok Bayu Wibowo (44) mengaku sudah ada 9 ekor ular berukuran besar yang ditangkap. Penjaga keamanan di pusat perbelanjaan di dekat lokasi juga mengaku mengamankan 3 ekor ular besar.

"Ya sudah sebulan ini. Kalau saya (menangkap), ukuran besar sudah ada 9 ekor, yang kecil banyak," ujar Totok.

Foto: Angling AP/detikcom

Hari ini, salah satu PRT di Jalan Aggrek RT 7 RW 5, Kelurahan Pekunden, Semarang Tengah, Sriyati (50) menemukan ular ketika ia mandi. Ular sepanjang sekitar 50 cm jatuh dari eternit dan mendarat di dekatnya.

"Saya lagi mandi, tiba-tiba dari eternit ada yang jatuh ke lantai. Saya teriak-teriak," kata Sriyati.

Belum diketahui dari mana ular-ular itu berasal. Warga menduga ular dari tanah kosong di sekitar Jalan Anggrek. Sebagian ular yang ditangkap, dijual ke pasar hewan Kartini Semarang. Sejauh ini belum ada warga yang diserang secara langsung oleh hewan melata tersebut.
(alg/trw)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com