Tenda Pedagang di Cimahi Porak Poranda Diterjang Hujan Angin

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 20:06 WIB
Tenda pedagang di area lapang tembak di Cimahi rusak diterjang angin
Tenda pedagang di area lapang tembak di Cimahi rusak diterjang angin (Foto: Istimewa)
Cimahi -

Hujan deras disertai angin kencang yang menerjang wilayah Kota Cimahi pada Kamis (9/12/2021) sore membuat tenda pedagang makanan di area Lapang Tembak, Gunung Bohong, porak poranda.

Tenda yang berdiri di pinggir lapangan tersapu angin. Pun demikian dengan barang dagangan yang dijajakan juga banyak yang berjatuhan dari gerobak lantaran angin yang berhembus begitu kencang.

Salah seorang pedagang yang terdampak hujan angin Krismon (24) mengatakan peristiwa tersebut terjadi secara tiba-tiba sehingga membuat ia bersama pedagang lain serta pembeli panik.

"Kejadiannya tiba-tiba dan enggak lama juga, cuma sekitar 5 menit. Tapi memang anginnya kencang banget, sampai tenda dagang itu ada yang ambruk terus barang dagangan itu berjatuhan," ungkap Krismon kepada detikcom.

Saat hujan angin terjadi ia menahan tenda sekaligus gerobak di dalamnya. Kakinya bahkan tersiram air panas dari panci di atas kompor yang tersapu angin.

"Jadi saya itu nahan besi tenda sama gerobak karena hampir terguling, nah panci air panas enggak ketahan akhirnya tumpah nyiram kaki saya. Ya cuma itu aja lukanya," terang Krismon.

Akibat peristiwa tersebut total ada lima tenda dari 10 tenda dagang yang porak-poranda. Sebagian bahkan mengalami kerusakan akibat terpal tenda berwarna putih itu sobek dan besi kerangkanya patah.

"Yang terdampak itu 5 tenda, yang parah mungkin tukang sosis di sebelah saya. Sampai terangkat tendanya," tutur Krismon.

Jenal (42), pedagang lainnya menyebut tendanya juga terbang disapu angin kencang. Ia harus memperbaiki kerangkanya karena patah tak kuat menahan bobot tenda yang cukup berat.

"Patah harus diperbaiki. Mungkin besok baru mau dilas. Kerugian ya lumayan, sekitar Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta. Soalnya barang dagangan rusak semua," kata Jenal.

(mud/mud)