Heboh Varian Omicron di Bekasi, Ini Kata Labkesda Jabar

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 15:24 WIB
Virus In Red Background - Microbiology And Virology Concept
Foto: Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/loops7).
Bandung -

Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Jawa Barat (Labkesda Jabar) Emma Rahmawati memastikan belum menerima hasil pemeriksaan whole genome sequencing dari pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) di Kabupaten Bekasi.

"Sampai saat ini belum ada info, tapi berarti Insya Allah clear bukan, karena kalau hasilnya sesuai yang dicurigai, hasilnya sudah dishare," ujar Emma saat dihubungi detikcom, Rabu (8/12/2021).

Ia pernah menjelaskan memang ada 19 warga Indonesia yang melakukan perjalanan dari luar negeri. Mereka kemudian dideteksi varian Omicron. Pasalnya, PPLN tersebut terkonfirmasi positif COVID-19 sepulangnya dari luar negeri.

"Kalau ke kami sekarang belum ada info hasil," ujar Emma.

Sebelumnya, beredar informasi Indonesia menemukan empat kasus varian Omicron, yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan. Informasi yang viral menyebutkan empat kasus ini adalah hasil pemeriksaan sampel di Laboratorium Farmalab, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

Kementerian Kesehatan RI membantah tegas kabar ditemukannya empat kasus varian Omicron. Menurut juru bicara vaksinasi COVID-19 dr Siti Nadia Tarmizi, Corona B.1.1.529 hingga kini belum ditemukan di Indonesia.

"Belum ada," tegas dr Nadia kepada detikcom melalui pesan singkat Rabu (8/12/2021).

Senada, Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI, dr Maxi Rein Rondonuwu menyebut Indonesia belum mengidentifikasi satu pun kasus Omicron.

"Kami belum menemukan. Sampai saat ini pemerintah masih menggencarkan whole genome sequencing," beber dia.

Sebagai catatan, sudah ada lebih dari 40 negara yang mencatatkan kasus COVID-19 varian Omicron, termasuk Singapura, Malaysia, Korea Selatan dan Thailand.

Simak video 'Bukan Omicron, Varian Delta Masih Dominasi Eropa-Asia Tengah':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/mso)