Banjir Rob Terjang Pesisir Pandeglang, 9 Rumah Warga Rusak

Rifat Alhamidi - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 14:00 WIB
Ratusan warga di pesisir Pandeglang mengungsi usai permukimannya terendam banjir rob
Foto: Ratusan warga di pesisir Pandeglang mengungsi usai permukimannya terendam banjir rob (dok. istimewa).
Pandeglang -

Banjir rob menerjang pemukiman warga yang tinggal di wilayah pesisir pantai Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (6/12/2021) malam. Sedikitnya, dilaporkan ada 9 rumah warga yang rusak akibat diterjang gelombang tinggi.

Informasi yang dihimpun, sembilan rumah warga yang rusak itu terletak di Desa Sidamukti, Kecamatan Sukaresmi, Pandeglang. Rinciannya empat rumah rusak ringan dan lima rumah rusak berat.

"Ya betul. Dari pantauan kami semalam, ada 9 rumah warga yang rusak-rusak terdampak banjir rob," kata Wakil Ketua Tagana Pandeglang Eli Supriadi saat dikonfirmasi detikcom via telepon, Selasa (7/12/2021).

Eli menyebut banjir rob sejak pagi tadi mulai surut. Warga yang mengungsi ke tempat yang lebih aman juga sudah mulai kembali ke rumahnya masing-masing usai terendam banjir.

"Hingga tadi malam, ada 1.064 warga dengan total 266 KK yang mengungsi ke kantor desa, masjid sama musala. Tapi tadi pagi, banjirnya sudah mulai surut dan warga udah kembali ke rumahnya," ucapnya.

Banjir rob ini juga menggenang total delapan kampung di Kecamatan Sukaresmi, Pandeglang. Di antaranya Kampung Sidamukti, Jongor, Sabang, Bintulang, Bayur, Kebon, Kubang Badak dan Kampung Pesisir.

(mso/mso)