Parpol di Jabar 'Goda' RK, Siap Dukung di Pilpres-Didorong Maju Lagi Pilgub

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 10:18 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Pemprov Jabar).
Bandung -

Sejumlah partai politik di Jawa Barat (Jabar) mulai menggoda Gubernur Jabar Ridwan Kamil untuk segera menentukan identitas politiknya. Beberapa parpol bahkan siap mendukung Ridwan Kamil maju di Pilpres 2024 dan ada juga yang menyarankan agar kembali maju di Pilgub Jabar.

Seperti sikap yang ditunjukkan oleh pengurus Partai Hanura Jabar. Mereka menyarankan agar pria yang akrab disapa Kang Emil ini maju di Pilpres 2024.

"Kita punya tokoh asli, pituin Sunda, yang memang track record dan pengalamannya luar biasa. Kita punya gubernur yang sudah teruji. Sebagai orang Jawa Barat, kami mendukung Kang Emil menjadi calon presiden," kata Ketua DPW Hanura Jabar Dian Rahadian di Kantor DPW Hanura Jabar, Jumat (26/11/2021) lalu.

Sementara itu, Partai Gelora Jabar mengajak Ridwan Kamil untuk bergabung dengan partai besutan Anis Matta ini. Ketua DPW Gelora Jabar Haris Yulana menyebut pintu Partai Gelora terbuka untuk Kang Emil.

"Kita apresiasi keputusan Ridwan Kamil tentang rencana akan masuk parpol pada tahun 2022 mendatang. Bahkan kita sangat terbuka jika kang Emil mau bergabung bersama kami di Partai Gelora," ujar Haris, Minggu (10/10/2021).

Haris mengatakan, hubungannya dengan Ridwan Kamil telah terjalin dengan baik sejak era Pilwalkot Bandung terdahulu.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Barat Desy Ratnasari memberikan tanggapan terkait kemesraan PAN dengan Kang Emil yang terlihat di Nusa Dua, Bali saat Workshop Nasional DPP PAN.

"'Kemesraan' dan silaturahim politis wajib kami laksanakan dengan semua pimpinan partai. Maupun eksekutif di Jabar. Demi menciptakan situasi politik yang kondusif dan bermakna bagi PAN di masa depan," kata pelantun lagu 'Tenda biru' itu.

Wakil Ketua DPW PAN Jabar Hasbullah menilai kedekatan RK dan PAN merupakan suatu pertanda yang baik untuk menyongsong 2024. "Ya (suatu pertanda yang baik)," kata Hasbullah.

Teranyar, Wakil Ketua 1 DPD Golkar Aria Girinaya mendorong Kang Emil untuk maju kembali di Pilgub Jawa Barat. Meskipun, ia menilai pria yang akrab disapa Kang Emil itu punya potensi yang mumpuni untuk bertarung di level nasional.

"Paling ideal untuk Pak RK (Ridwan Kamil) adalah melanjutkan Gubernur Jabar dua periode," ujar Aria saat dihubungi wartawan, Senin (6/12/2021).

Menurut Aria, Golkar sebagai partai tengah membuka tangan yang selebar-lebarnya jika Kang Emil ingin menjadi bagian dari partai. Namun, jika bicara soal peluang didukung dan diusung menjadi calon presiden saat ini Golkar tetap pada pendiriannya mendukung Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

"Golkar sudah punya keputusan, capres nya Pak Airlangga Hartarto. Keputusan ini sudah tegak lurus dan sejauh ini tidak ada perubahan apapun," kata Aria yang menjabat sebagai Ketua PDK KOSGORO 1957 Jawa Barat itu.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku belum menjatuhkan pilihan untuk bergabung ke parpol mana. Dia pun menyebutkan beberapa warna parpol yang sedang dia timbang. Hal itu diungkapkan Ridwan Kamil saat menjadi pembicara dalam diskusi Fisipol Leadership Forum: Road to 2024 yang diadakan Fisipol UGM, Kamis (2/12/2021).

"Warna yang mana, apakah warna taplak (kuning) ini atau warna baju satpam atau hijab merah saya belum tahu sedang saya dekati," ucapnya.

Meski begitu, dia memberikan kisi-kisi soal bakal bergabung ke partai mana. Ridwan Kamil menegaskan akan bergabung dengan partai yang beridealisme Pancasilais.

"Tetapi yang pasti (parpol) paling Pancasilais kira-kira gitu ya, saya akan di situ. Karena menurut saya Pancasila itu harga mati tidak boleh terlalu ke kiri tidak boleh terlalu ke kanan politik jalan tengah lah yang saya pilih," tegasnya.

Partai Pancasilais dipilih karena menurutnya dapat merangkul golongan kiri maupun kanan. Partai seperti ini yang menurut RK dibutuhkan pada saat ini.

"Kadang-kadang saya juga sering di-bully oleh yang kanan, kadang-kadang di-bully juga oleh yang kiri karena mengambil posisi di tengah," ucapnya.

Simak Video 'Ramai-ramai Parpol Buka Pintu untuk Ridwan Kamil':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/mso)