Ini Pesan Wapres Ma'ruf Amin di Muktamar VII ICMI 2021

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 16:18 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin di acara MUKISI
Wapres Ma'ruf Amin (Foto: dok. Setwapres)
Bandung -

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengajak Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) untuk berkolaborasi dengan pemerintah dalam mengentaskan pandemi COVID-19. Ma'ruf menilai, pandemi menambah masyarakat rentan miskin dan memperlebar ketimpangan sosial.

"Tantangan yang kita hadapi tidak membuat semakin mudah, dengan adanya pandemi COVID-19 daya tahan bangsa kita semakin diuji. Pandemi membuat jumlah masyarakat yang rentan miskin dan memperlebar ketimpangan yang menjadi pekerjaan rumah bersama," ujar Ma'ruf saat menghadiri Muktamar VII Tahun 2021 di Hotel Asrilia, Kota Bandung, Sabtu (4/12/2021).

Ma'ruf mengatakan kondisi perekonomian global juga penuh dengan ketidakpastian sehingga bersikap adaptif dan kreatif bukan lagi menjadi suatu pilihan, namun keharusan. "Itu tidak lantas melupakan cita-cita kita untuk membangun Bangsa Indonesia yang bermartabat, sekaligus mewujudkan visi Indonesia Emas pada satu abad kemerdekaan nanti dengan bekal ilmu, dan iman. Cita-cita bangsa akan terwujud jika seluruh elemen masyarakat bahu membahu," tuturnya.

"Sebagai mitra strategis pemerintah, ICMI dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi dan dampak yang diakibatkannya. Potensi dan jejaring ICMI di Indonesia bila dimobilisasi secara tepat akan menjadi modal dasar untuk mendukung pemulihan sektor, khususnya di bidang kesehatan, sosial dan ekonomi," ujar Ma'ruf melanjutkan.

Ia berharap Muktamar VII ICMI 2021 ini bisa melahirkan gagasan dan solusi yang terbaik untuk mengentaskan permasalahan bangsa dan negara. "Saya ingin ingatkan bahwa kemaslahatan dalam pandangan Islam adalah kemaslahatan baik di dunia dan akhirat," kata Ma'ruf.

Sebelum menghadiri Muktamar VII ICMI 2021, Ma'ruf turut meresmikan Monumen Pahlawan COVID-19 Jawa Barat di Jalan Surapati, Kota Bandung.

(yum/bbn)