Sekelompok Orang Serang Relawan Edan Sepur di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 21:51 WIB
Sekelompok Orang Serang Relawan Edan Sepur di Bandung
Sekelompok orang menyerang tim relawan Komunitas Edan Sepur di Kota Bandung. (Foto: tangkapan layar video viral)
Bandung -

Tim relawan komunitas pemberi edukasi perlintasan kereta api diserang sekelompok orang di Kota Bandung. Penyerangan itu diduga imbas dari teguran relawan kepada pengendara yang menerobos pintu perlintasan kereta api.

Insiden tersebut berlangsung di pintu perlintasan Kereta Api Stasiun Kiaracondong, Kota Bandung, Jumat (3/12/2021) sore. Aksi penyerangan itu terekam kamera dan videonya viral di media sosial.

Ada dua situasi dalam video tersebut. Situasi pertama memperlihatkan seorang pengendara sepeda motor tak berhelm yang tengah berbincang dengan anggota Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska). Terlihat juga beberapa anggota Dinas Perhubungan (Dishub) ikut berbincang.

Kemudian, video beralih saat sekelompok orang yang mulai menyerang tim relawan Komunitas Edan Sepur dan anggota Polsuska. Aksi sekelompok orang itu memukul hingga menendang.

Humas PT KAI Daop 2 Bandung Kuswardoyo membenarkan adanya peristiwa tersebut. Dia mengatakan insiden itu bermula saat anggota Komunitas Edan Sepur memberhentikan dan menegur pengendara yang melanggar aturan lalu lintas.

"Awalnya ada pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm dan mencoba masuk dari arah yang salah, bukan peruntukannya. Kemudian diimbau sama teman-teman komunitas itu tidak boleh melewati lokasi tersebut melalui jalur yang salah, apalagi tidak menggunakan helm," ujar Kuswardoyo saat dikonfirmasi.