Terciduk! Aksi Pungli Pria Berseragam Dishub di Bogor

M. Sholihin - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 20:26 WIB
Petugas Dishub Gadungan di Bogor
Rekaman video pria berseragam Dishub terciduk melakukan aksi pungli di Bogor. (Foto: M. Sholihin/detikcom)
Bogor -

Video penangkapan seorang pria berseragam Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor beredar di media sosial. Pria itu diamankan karena tertangkap basah melakukan pungutan liar (pungli) mengatasnamakan Dishub Bogor.

Pada awal video, terlihat dua pria berseragam Dishub yang dibalut jaket hitam tengah ditanyai oleh perekam dengan nada tinggi seperti orang marah. "Ini sudah menyalahi aturan ya, kalian yang menyalahi aturan. Masalahnya pakai seragam, seragam Dishub," kata si perekam dengan suara marah sebagaimana dilihat detikcom, Jumat (3/12/2021).

"Kalian mencoreng Dinas Perhubungan," kata si perekam lagi.

Kasubag TU UPT P4 Leuwliang Dishub Kabupaten Bogor Deddy Safriadi membenarkan video viral tersebut. Menurutnya, video tersebut merupakan momen operasi tangkap tangan (OTT).

"Penangkapan itu benar, OTT oleh kepolisian Leuwiliang. Bahwasanya OTT itu berlaku ya di kabupaten Bogor, karena menurut SK Bupati itu sudah ada peraturan sapu bersih pungutan liar," kata Dedi.

Pelaku secara terang-terangan berseragam Dishub saat melakoni aksi pungli. "Berseragam Dishub itu benar, tetapi mereka bukan anggota Dishub Kabupaten Bogor. Kita juga tidak membenarkan pungutan liar," ucap dia menambahkan.