Catat! Hotel-Kafe di Bandung Dilarang Gelar Perayaan Tahun Baru

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 17:40 WIB
Pemkot Bandung Raker Perayaan Tahun Baru
Wali Kota Bandung Oded M Danial (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Pemkot Bandung melarang perayaan tahun baru 2022. Sanksi menanti apabila tempat hiburan hingga hotel menyelenggarakan pesta tahun baru.

"Pelarangan acara pergantian tahun baru di hotel, kafe dan tempat hiburan," ucap Wali Kota Bandung Oded M Danial di Balai Kota Bandung, Jumat (3/12/2021).

Oded mengatakan larangan itu merujuk pada instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 63 tahun 2021 tentang pemberlakuan PPKM Level 3, 2 dan 1 di wilayah Jawa dan Bali.

Menurut Oded, selama Natal dan tahun baru, tempat hiburan, kafe dan hotel tetap buka. Termasuk sejumlah objek wisata di Kota Bandung.

"Tidak ditutup, hanya dibatasi pengunjungnya dan jam operasionalnya saja," ujar Oded.

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna meminta sejumlah tempat untuk mengikuti aturan yang sudah diberlakukan oleh pemerintah. Dia meminta agar tak ada kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan.

"Di sini tidak boleh ada aktivitas yang sifatnya memancing menimbulkan kerumunan. Misalnya kembang api itu tidak boleh. Event di luar atau di gedung tidak boleh," kata Ema.

Menurut dia, Pemkot Bandung bakal memberikan sanksi apabila sejumlah tempat memaksakan melakukan perayaan malam tahun baru. Sanksi ringan hingga berat disiapkan.

"Ya pasti ada sanksi. Kalau memaksakan ada event, minimal event-nya dibubarkan. Kemudian mereka juga di warning lebih keras kalau tidak menurut," tutur Ema.

(dir/bbn)