Kala Petani di Ciparay Terkesima Drone Penyemprot Pupuk

Muhammad Iqbal - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 19:34 WIB
Drone Penyemprot Pupuk
Sejumlah orang melihat aksi drone penyemprot pupuk. (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom)
Kabupaten Bandung -

Pendekatan teknologi pada sektor pertanian kini mendapatkan ruang tersendiri bagi petani. Dari sebelumnya merupakan pekerjaan yang mengutamakan otot, kini petani dapat bekerja lebih mudah dan efektif.

Ayub Permana (55), seorang petani asal Desa Sumbersari, Ciparay, Kabupaten Bandung, terkesima melihat sebuah pesawat tanpa awak (drone) menyemprotkan pupuk di sawah. Ia mengaku baru pertama kali melihat drone yang difungsikan seperti itu.

Drone milik TodayTech itu berukuran lebar 1,5 meter terbang di atas lahan seluas satu hektare. Dikendalikan jarak jauh, pilot dengan mudah mengoperasikan drone sembari menyemprotkan pupuk.

"Saya terharu melihat drone tadi bisa sampai seperti itu. Saya pribadi mah kabita (tergiur)," ucap Ayub usai menyaksikan sosialisasi penyemprotan pupuk menggunakan drone oleh PT Pupuk Indonesia di Ciparay, Kabupaten Bandung, Rabu (1/12/2021).

Ia terkejut dengan kecepatan dan ketepatan drone yang menyemprotkan pupuk di sawah yang sudah ditentukan. Kurang dari 30 menit, lahan sekitar satu hektare sudah selesai disemprot.

Ayub membayangkan bagaimana jika drone tersebut bisa dipakai oleh petani. Sebab, selama ini dia sering menggunakan spray biasa untuk menyemprotkan pupuk.