Demo Kawal UMK 2022

Massa Buruh Tolak Audiensi dengan Wagub Jabar: Tak Selesaikan Persoalan

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 14:45 WIB
Ribuan buruh kembali kepung Gedung Sate kawal penetapan UMK 2022
Foto: Demo buruh di Gedung Sate (Yudha Maulana/detikcom).
Bandung -

Ribuan buruh dari berbagai serikat pekerja di Jabar menolak beraudiensi dengan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (30/11/2021). Mereka menilai pertemuan dengan Wagub tak akan menghasilkan keputusan apapun.

"Kita akan diterima oleh wakil gubernur jam satu, cuma kita menolak karena Wagub hanya bisa mengirimkan aspirasi kepada gubernur. Aksi ini bukan hari ini saja, tapi berulang-ulang artinya aspirasi dan rekomendasi sudah disampaikan," ujar Ketua KSPSI Jabar Roy Jinto di depan Gedung Sate.

"Rapat pleno di dewan pengupahan sudah digelar, tinggal ketuk palu oleh gubernur, tidak ada namanya SK Wagub, adanya SK gubernur, kita berharap bisa bertemu dengan Gubernur Jabar, kita menolak dengan wagub karena hanya menyampaikan aspirasi saja, tidak menyelesaikan persoalan," kata Roy melanjutkan.

Ia pun membandingkan penerimaan terhadap buruh oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kemarin. "DKI sudah memenuhi keinginan peserta aksi walau belum bisa memutuskan, tapi jelas gubernur sangat mau menerima aspirasi teman buruh dan turun ke lapangan," katanya.

Pantauan detikcom, ribuan buruh dari berbagai serikat pekerja di Jabar mengepung Gedung Sate. Sekilas, jumlah peserta aksi hari ini lebih banyak dibandingkan pada Senin (29/11) kemarin.

Seperti diketahui, buruh mulai berdatangan di Gedung Sate sejak pagi hari. Hingga pukul 13.00 WIB, gelombang massa buruh pun masih terus berdatangan.

"Hanya dua tekad kita agar Gubernur Jabar yang kita antarkan ke singgasana untuk menetapkan upah minimum sesuai rekomendasi kabupaten/kota," ujar Roy.

Simak Video: Ada Demo Buruh Lagi di Balai Kota DKI, Tuntut UMP Naik 5 Persen

[Gambas:Video 20detik]



(yum/mso)