Waspada Cuaca Ekstrem di Bodebek 29 November 2021

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 09:12 WIB
Ilustrasi Hujan Deras Angin Kencang Genangan Air
Ilustrasi cuaca ekstrem (Ilustrator: Zaki Alfarabi)
Bandung -

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini cuaca ekstrem untuk wilayah Bodebek dan sekitarnya pada Senin (29/11/2021).

Disitat dari laman BMKG, ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/angin kencang pada siang hingga sore hari di Kabupaten/Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kota Depok, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bogor.

Peringatan dini itu juga berlaku untuk wilayah Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Majalengka, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Sumedang. Secara umum terjadi hujan secara merata di seluruh wilayah Jabar.

Seperti di Bandung, diprakirakan akan terjadi hujan pada siang hingga Selasa (30/11) dini hari. Sedangkan di Cibinong, Cikarang, Soreang dan Subang diprakirakan akan terjadi hujan disertai petir pada siang hari ini.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, seluruh wilayah di Jawa Barat akan terdampak oleh kejadian La Nina dengan tingkat korelasi sebesar 0,7.

"Dengan demikian seluruh wilayah Jawa Barat dan juga khususnya wilayah Bandung Raya perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak yang ditimbulkan oleh kejadian La Nina," ujar Rahayu dalam keterangan resmi yang diterima detikcom.

Berdasarkan analisis data yang dimiliki, daerah terdampak kuat di wilayah Jawa Barat, adalah wilayah Jawa Barat sebelah Timur dan wilayah Jawa Barat bagian tengah. Selain itu wilayah Jawa Barat pada umumnya perlu berhati-hati pada kejadian La Nina lag ke 2 dan ke 4. Atau sekitar bulan Januari dan Maret 2022.

(yum/bbn)