Catat! Ini Daftar Nomor Darurat Kebencanaan di Sumedang

Nur Azis - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 10:17 WIB
ilustrasi call center
Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Sumedang -

Dampak fenomena La Nina mulai dirasakan di sebagian wilayah di Jawa Barat. Hujan dengan intensitas tinggi tidak sedikit berdampak pada terjadinya bencana alam.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu menjelaskan, fenomena La Nina akan mulai dirasakan dari November dan puncaknya terjadi pada Desember 2021 hingga Maret 2022 di Indonesia. Dampak yang ditimbulkan untuk wilayah Jawa Barat adalah akan merubah pola curah hujan baik dari segi volume ataupun temporal.

"Dampak tersebut akan meningkatkan curah hujan di wilayah Jawa Barat pada umumnya antara 20 persen hingga 70 persen," ungkap Teguh Rahayu yang akrab disapa Ayyu kepada detikcom, Jumat (26/11/2021).

Ayyu mengatakan kondisi sifat hujan seperti itu akan memicu terhadap meningkatnya potensi bencana hidrometeorologi di wilayah Jawa Barat secara umum termasuk Bandung Raya.

"Potensi kejadian bencana yang mungkin terjadi seperti banjir atau banjir Bandang, tanah longsor, namun tidak menutup kemungkinan, terjadi juga angin kencang dan puting beliung serta hujan es," paparnya.

Terkait hal itu, kata Ayyu, BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai terjadinya bencana hidrometeorologi dari sejak musim Peralihan (September 2021) hingga puncak hujan pada Januari 2021.

"Bagi masyarakat yang tinggal di wilayah perbukitan, bahkan perkotaan diharap meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kejadian banjir, tanah longsor, hujan es, dan angin kencang atau puting beliung," pungkasnya.

Khusus bagi masyarakat Sumedang yang membutuhkan layanan darurat 24 Jam, baik sebagai upaya kewaspadaan atau pun pertolongan saat terjadi bencana bisa menghubungi ke nomor-nomor penting berikut ini.

1. Polres Sumedang

Polres Sumedang menyediakan layanan panggilan darurat di nomor 110.

Nomor tersebut membuka layanan darurat bagi masyarakat Sumedang untuk melaporkan atau membutuhkan bantuan dari segala kejadian mulai dari tindak kejahatan, kecelakaan lalulintas, bencana alam dan tindakan kemanusiaan lainnya.

2. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

BPBD Sumedang membuka layanan nomor darurat untuk kebencanaan di nomor whatsapp (62) 811-2065-733.

Nomor tersebut bisa dihubungi oleh masyarakat Sumedang jika membutuhkan pertolongan atau tindakan kewaspadaan dalam menghadapi bencana alam dan kemanusiaan lainnya.

3. Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Bandung

Basarnas Bandung menyediakan layanan nomor darurat dengan nomor pusat di nomor 115, sedangkan untuk kantor Basarnas Bandung di nomor (022) 7780437.

Basarnas membuka laporan dari masyarakat untuk upaya pencarian dan pertolongan/SAR (Search and Rescue) seperti jika terjadi bencana longsor, banjir dan semua bencana yang membutuhkan upaya pencarian dan pertolongan kemanusiaan. Seperti diantaranya, orang hilang di gunung, orang terjebak di sumur, terjebak di reruntuhan, kecelakaan kapal /pelayaran dan kecelakaan penerbangan serta upaya pencarian dan pertolongan lainnya.

4. Pemadam Kebakaran (Damkar) Sumedang

Dikutip dari akun Instagram Damkar Sumedang, khusus Bidang Penanggulangan Kebakaran bisa menghubungi nomor :

- Damkar Wilayah Sumedang Kota dan sekitarnya (026) 1201113
- Damkar Wilayah Tanjungsari dan sekitarnya (022) 7911113
- Damkar Wilayah Conggeang dan sekitarnya : telepon masih kosong
- Damkar Wilayah Darmaraja dan sekitarnya : telepon masih kosong

Peringatan : dilarang mempermainkan nomor darurat jika tidak ingin berurusan dengan pihak berwajib.

(mud/mud)