Bupati Bandung Usulkan Akses GT Cigatas di Tegalluar

Muhammad Iqbal - detikNews
Kamis, 25 Nov 2021 15:27 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna
Bupati Bandung Dadang Supriatna (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Pemerintah Kabupaten Bandung mengusulkan agar pemerintah pusat dapat menyediakan salah satu akses gerbang Tol Cigatas (Ciluenyi-Garut-Tasik) di Tegalluar. Akses tersebut dinilai dapat melengkapi fasilitas penunjang proyek Kawasan Terpadu Pemukiman (KTP) atau Kota Baru Tegalluar.

Bupati Bandung Dadang Supriatna menjelaskan usulan dibangunnya gate tol tersebut dinilai penting khususnya wilayah timur Kabupaten Bandung. Selain itu juga, dalam rangka percepatan pengembangan Kota Baru Tegalluar.

"Kita bersiap melakukan percepatan pengembangan Kota Baru Tegalluar. Kebetulan, pemerintah pusat akan membangun Tol Cigatas. Makanya kita usulkan untuk bisa dibangun akses tolnya di Tegalluar. Pendirian gate tol ini penting dan strategis untuk pengembangan Kota Baru Tegalluar ke depan," ucap Dadang kepada wartawan, Kamis (25/11/21).

Selain itu, adanya gerbang tol tersebut diharapkan mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi dan sosial masyarakat di Tegalluar ataupun wilayah timur Kabupaten Bandung.

"Kita juga memerlukan akses jalan baru, yang selama ini hanya mengandalkan jalan kolektor dan jalan arteri," kata Dadang.

Alasan lainya, lanjut Dadang, gate Tol Cigatas di Tegalluar perlu dibangun karena Tol Cigatas sendiri nantinya melintasi wilayah Kabupaten Bandung.

"Sepanjang 26 kilometer dari Tol Cigatas ini melintasi wilayah Kabupaten Bandung. Jadi, sangat wajar kalau kita usulkan gate tol di wilayah Kabupaten Bandung juga, tepatnya di Tegalluar," ungkap Dadang.

Kemudian, kata Dadang, adanya pintu tol tersebut dapat menunjukkan perhatian pemerintah terhadap pemerataan pembangunan di wilayah timur Kabupaten Bandung.

Menurutnya, pembangunan untuk akses Tol Cigatas ini pun bahkan sudah masuk dalam Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Terpadu Pemukiman (KTP) Tegalluar dan Bagian Wilayah Pengembangan (BWP) Bojongsoang.

"Jadi, menurut kami sangat ironis kalau pemerintah pusat mengabaikan usulan pembangunan akses Tol Cigatas ini," ujarnya.

(mso/mso)