ADVERTISEMENT

Kabupaten Bogor Jadi Satu-satunya Daerah Aglomerasi yang PPKM Level 3

M Solihin - detikNews
Selasa, 02 Nov 2021 10:18 WIB
Apakah PPKM Jawa Bali Diperpanjang Lagi, Simak Penjelasannya
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Bogor -

Kota Bogor menjadi daerah dalam kawasan aglomerasi Jakarta yang memberlakukan PPKM Level 1 bersama 4 daerah lainnya, yakni DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Bekasi. Hal ini tertuang dalam Instruksi Mendagri No.57/2021 tentang PPKM Level 3, Level 2, dan Level I Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Sementara Kabupaten Bogor, dalam Imendagri itu disebut sebagai satu-satunya daerah aglomerasi Jakarta yang masih harus memberlakukan PPKM Level 3. Sedangkan Kota Depok dan Kota Bekasi berada di level 2 PPKM.

Sejumlah kelonggaran akan diberlakukan di Kota Bogor yang kini berada di level 1 PPKM. Sesuai Imendagri, daerah yang berada di level 1 PPKM diijinkan menggelar work from office (WFO) hingga 75 persen bagi pegawai yang sudah divaksin. Pasar rakyat yang menjual barang non kebutuhan sehari-hari dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 100%.

Untuk kegiatan sekolah, wilayah di level 1 PPKM dibolehkan memberlakukan pembelajaran tatap muka hingga 50 persen dari kapasitas kelas. Untuk sekolah luar biasa setingkat SD-SMA, dibolehkan hingga 100 persen dengan 5 peserta didik per kelas dengan tetap menjaga jarak 1,5 meter. Sementara PAUD hanya dibolehkan hingga 33 persen dengan tetap menjaga jarak 1,5 meter.

Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen/outlet voucher, barbershop/pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan lain-lain yang sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang pengaturan teknisnya yang diatur oleh pemerintah daerah.

Pelaksanaan kegiatan makan/minum di restoran, kafe atau rumah makan dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 22.00 WIB waktu setempat dengan maksimal pengunjung makan 75% dari kapasitas. Tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan dibuka dengan kapasitas maksimal 100% sampai dengan Pukul 22.00 waktu setempat. Penduduk usia di bawah 12 tahun diperbolehkan masuk dan bermain di area permainan anak dalam mal dengan syarat didampingi orang tua.

(mud/mud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT