Desa di Sumedang Ini Jadi Satu-satunya Penghasil 'Emas Hijau' di Jabar

Nur Azis - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 17:46 WIB
Melihat budidaya tanaman emas hijau di Sumedang
Melihat budidaya tanaman 'emas hijau' di Sumedang (Foto: Nur Azis)
Sumedang -

Tidak banyak yang tahu bahwa Desa Pamekarsari, Kecamatan Surian, Kabupaten Sumedang menjadi salah satu dari 5 Kabupaten di Indonesia penghasil terbesar 'emas hijau'. Julukan itu pantas disematkan untuk tempat satu ini atau pembudidaya sumber benih tanaman vanili (Vanilla planifolia).

Berdasarkan data dari situs resmi Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Perkebunan (Dirjen Bun), ada 5 Kabupaten di Indonesia yang menjadi sentra untuk sumber benih tanaman vanili. Di antaranya Kabupaten Alor, Kab. Nagakeo, Kab. Sumedang, Kab. Pulau Morotai, Kab. Minahasa Tenggara dan Kab. Dairi.

Di Kab. Sumedang sendiri bahkan di Jawa Barat hanya ada di Desa Pamekarsari, Kecamatan Surian atau tepatnya di tempat pembudidayaan benih vanili miliknya Opi (41).

Sekedar diketahui untuk membudidayakan sumber benih vanili ada standar khusus yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pertanian. Hal tersebut sebagaimana yang tertuang dalam Keputusan Menteri Pertanian No. 08/KPTS/KB.020/1/2018 Tentang Pedoman Produksi, Sertifikasi, Peredaran dan Pengawasan Benih Tanaman Vanili.

"Jadi tidak sembarang orang bisa membudidayakan benih vanili, ada aturan SK kementan yang di dalamnya memuat undang-undang perbenihan," terang Opi kepada detikcom, Kamis (28/10/2021).

Opi mengungkapkan tempatnya terpilih sebagai tempat pembudidayaan benih vanili sejak 2018. Saat itu, ada lima benih vanili asal Sumedang yang diseleksi oleh Pengawas Benih Tanaman (PBT) Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Direktorat Jenderal Perkebunan (Dirjen Bun).

"Dari lima yang diajukan, diantaranya ada yang dari Cimalaka dan Situraja, tempat saya di Pamekrsari terpilih untuk jadi tempat pembudidayaan sumber benih tanaman vanili varietas unggulan lokal," ungkapnya.

Tanaman vanili sendiri terbagi ke dalam dua varietas, yakni varietas unggulan lokal dan varietas unggulan nasional. Varietas unggulan lokal adalah tanaman vanili yang tumbuh di suatu tempat tanpa diketahui pasti asal usulnya.

Sementara unggulan nasional adalah varietas yang jelas asal usulnya dan varietas ini telah melalui penelitian oleh pemulia tanaman dari PBT BBPPTP Dirjen Bun kurang lebih selama 8-10 tahun.

"Untuk benih unggulan lokal seperti benih unggulan asal Sumedang ini hanya dijual untuk pemenuhan perkebunan vanili di Jawa Barat, jadi tidak bisa sembarang juga karena ada aturannya, kalau unggulan nasional baru bisa dijual ke seluruh Indonesia bahkan ekspor," terangnya.