DAMRI Berhenti Beroperasi, Dishub Bandung Siapkan TMB-Bus Sekolah

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 23:10 WIB
Bus DAMRI di Bandung.
Bus DAMRI Bandung (Foto: Yudha Maulana/detikcom).
Bandung -

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung siapkan bus Trans Metro Bandung (TMB) dan sus sekolah antisipasi penumpukan penumpang, menyusul berhentinya operasi Djawatan Angkoetan Motor Republik Indonesia (DAMRI) Bandung mulai Kamis (28/10/2021) besok.

Sekretaris Dishub Kota Bandung Agung Purnomo mengatakan TMB dan bus sekolah akan disiapkan di trayek DAMRI yang akan berhenti beroperasi untuk sementara waktu.

"Informasi intinya masalah intern DAMRI, itu surat dari pengurus DAMRI. Informasi awal DAMRI di Bandung merugi," kata Agung via sambungan telepon, Rabu (27/10/2021).

Pihaknya mengaku telah memerintahkan Kepala BULD Angkutan Dishub Kota Bandung Yudiana untuk menyiapkan TMB dan bus sekolah. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya penumpukan penumpang.

"Saya sampaikan ke Pak Yudiana, siapkan TMB dan Bus Sekolah," katanya.

Dia mengungkapkan saat ini belum terjadi peningkatan jumlah penumpang. Sehingga, kata dia, TMB dan bus sekolah bisa digunakan sementara.

"Kan jumlah penumpang cukup menurun karena dibatasi, bus sekolah juga belum maksimal, antisipasi di beberapa jalur DAMRI," ujarnya.

Meski jumlah TMB tak sebanyak armada DAMRI, pihaknya ingin mengantisipasi agar tidak ada penumpukan penumpang.

"Kita armada TMB ada 35 unit untuk 5 jurusan. Kalau DAMRI di atas 70, kita back up sebagian bus sekolah juga, kita nanti koordinasi dengan Organda untuk siapkan angkutan kota juga," ujarnya.

(wip/mso)