Bangkitkan Perekonomian Nasional, BSN Bidik Peningkatan Mutu UMKM

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 14:22 WIB
Ilustrasi UMKM
Ilustrasi UMKM (Foto: dok. Tokopedia)
Bandung -

Badan Standarisasi Nasional mendorong penguatan mutu UMKM bangkit dari hantaman pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan sertifikat SNI kepada pelaku UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi nasional.

Penyerahan sertifikat kepada UMKM ini merupakan rangkaian kegiatan Bulan Mutu Nasional (BMN) 2021 yang dipusatkan di Kota Bandung. Tahun ini, mengusung tema 'SNI untuk Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh'.

Sesuai dengan tema tahun ini, BSN ingin UMKM di tanah air kembali bangkit usai dilumpuhkan pendemi. Peningkatan mutu UMKM menjadi instrumen penting untuk meningkatkan daya saing dan kepercayaan konsumen.

"Kita ingin mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia terutama mendorong UMKM bangkit dalam kerangka pelaksanaan UU Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Sehingga, peningkatan mutu menjadi hal penting untuk mencapai itu," kata Kepala BSN Kukuh S. Achmad dalam keterangan pers, Rabu (27/10/2021).

Menurutnya peringatan BMN menjadi momentum pentingnya kolaborasi berbagai pihak antara akademisi, pemerintah, pelaku bisnis hingga media massa. Ia menyakini, kolaborasi ini mengangkat daya saing produk nasional.

"Salah satunya menyediakan forum untuk berbagi wawasan, pengalaman dan keberhasilan terkait peran SNI dalam mendukung "Indonesia Tumbuh Indonesia Tangguh" serta mendorong terciptanya dunia usaha yang sehat dan kondusif," kata dia.

BMN tahun ini juga dirangkaikan dengan penyerahan sertifikat akreditasi kepada Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK), hingga launching skema akreditasi LSBU. Termasuk pameran yang nanti berlangsung pada Rabu (3/11/2021).

Termasuk Seminar Nasional Standardisasi akan dilaksanakan secara hybrid, dibuka Presiden Joko Widodo, dengan menghadirkan pembicara kunci Menteri Investasi/Kepala BKPM RI, Bahlil Lahadalia, serta dihadiri oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita.

(dir/mud)