Diduga Telantarkan Istri, Pria Taiwan Disidang di PN Karawang

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 20:47 WIB
Pria Taiwan Disidang di PN Karawang
CYC saat menjalani persidangan di PN Karawang. (Foto: Yuda Febrian Silitonga/detikcom)
Karawang -

Pria asal Taiwan, inisial CYC, menjalani persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Karawang. Dia didakwa menelantarkan istrinya, inisial V, warga Karawang, Jawa Barat.

Sebelumnya, V melaporkan CYC kepada polisi pada 2020. Kasus ini pun bergulir ke pengadilan dengan perkara Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)

"Saya melaporkan mantan suami (inisial CYC) asal Taiwan ke Polres Karawang, atas KDRT psikis dan juga penelantaraan," kata V saat ditemui usai sidang agenda keterangan saksi ahli di PN Karawang, Selasa (26/10/2021).

V mengalami penelantaran dan psikis sejak Februari 2019 . Namun, jauh sebelum itu, dia mengakui sudah terjadi konflik rumah tangga sejak awal menikah dengan CYC pada 2000.

"Sebenarnya konflik awal itu saat awal menikah pada 2000. Saya dibawa oleh CYC ke Taiwan dan di sana saya merasa dibohongi. Katanya tidak punya anak, nyatanya sudah punya anak tiga. Terus saya diperlakukan tidak manusiawi dan diperkerjakan sebagai buruh tani di Taiwan. Kemudian saya juga harus memberi nafkah dirinya di Taiwan," tutur V.

Pada 2005, V kembali ke Indonesia dan menetap di Karawang. V membangun usaha. Menurut dia, pada 2005 hingga 2016, CYC tidak bekerja dan statusnya masih Warga Negara Asing (WNA).

"Setelah saya bantu untuk bangun usaha dan menaturalisasi CYC jadi WNI, CYC berubah dan malah boros menggunakan uang dan memiliki utang. Dari situlah saya sering cekcok dengan CYC, bahkan sampai tidak pernah pulang, hingga saya ajukan gugatan cerai pada Februari 2018," tutur V.