2 Terdakwa Kasus Azan Jihad di Majalengka Dihukum Pidana Percobaan

Bima Bagaskara - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 16:37 WIB
Heboh video azan ajakan jihad di Majalengka
Sekelompok orang mengumandangkan azan ajakan jihad di Majalengka. (Foto: tangkapan layar video)
Majalengka -

Dua terdakwa kasus azan jihad di Kabupaten Majalengka, yang sempat viral pada 2020, dihukum pidana percobaan. Hukuman tersebut dijatuhkan dalam sidang putusan di PN Majalengka, Selasa (26/10/2021).

Namun dalam putusan tersebut, dua terdakwa tidak harus mendekam di balik jeruji besi. Sebab, hukuman pidana enam bulan dan denda itu merupakan hukuman percobaan yang mengharuskan keduanya tidak melakukan tindak pidana selama satu tahun ke depan.

"Putusan hukuman percobaan enam bulan penjara, tanpa ditahan. Artinya ketika dalam satu tahun yang berangkutan melakukan tindak pidana apapun, dan sudah ada putusan dari hakim, maka putusan itu dieksekusi," kata hakim ketua, Kopsah, saat dikonfirmasi detikcom.

Menurut Kopsah, kedua terdakwa terbukti melanggar Pasal 45 A ayat 2 Undang-Undang ITE. Meski begitu, dia menjelaskan, ada hal-hal yang meringankan terhadap vonis yang dijatuhkan oleh majelis hakim.

"Hal yang meringankan, terdakwa mengaku bersalah, menyesal, sudah meminta maaf kepada masyarakat dan salat taubah. Hal yang memberatkan perbuatan terdakwa yaitu meresahkan," ucap Kopsah.

Simak juga 'Saat Ulama di Jabar Dukung Polisi Tindak Pelanggar Prokes-Azan Jihad':

[Gambas:Video 20detik]