Ini Pemicu Pelaku Kubur Pria Hidup-hidup di Gunung Cikuray Garut

Hakim Ghani - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 15:14 WIB
Garut -

Maman (50), pria yang jasadnya ditemukan terkubur di Gunung Cikuray, Garut ternyata dikeroyok dan dikubur hidup-hidup. Dia dikeroyok warga sekampung karena dicurigai mencuri hasil tani.

Kejadian pengeroyokan terhadap Maman terjadi pada Selasa (21/10) lalu di kawasan Kecamatan Cigedug, Garut.

Kapolres AKBP Wirdhanto mengatakan saat itu, menurut keterangan saksi warga memergoki Maman hendak masuk ke salah satu gudang sayuran warga setempat. Maman dicurigai akan mencuri kentang.

"Korban dicurigai mencuri sayuran. Kemudian ditangkap bersama-sama dan dikeroyok," ujar Wirdhanto kepada wartawan, Selasa (26/10/2021).

Maman kemudian dikeroyok menggunakan tangan kosong dan benda tumpul serta senjata tajam hingga sekarat. Ada 14 orang yang melakukan pengeroyokan.

"Setelah itu korban dibawa ke kaki Gunung Cikuray dan dikubur," katanya.

Korban dikubur di lubang yang dibuat para pelaku. Saat dimasukkan ke dalam lubang, kata Wirdhanto, korban terlihat masih hidup.

Salah satu pelaku turun ke lubang dan menghabisi nyawa korban. Korban digorok hingga tewas.

"Korban dihabisi dengan cara disayat di bagian leher," katanya.

Kejadian itu terungkap saat keluarga korban melapor kehilangan Maman ke Polsek Bayongbong. Maman dinyatakan keluarga hilang sejak 11 Oktober 2021.

Jasadnya ditemukan polisi hari Minggu (24/10) sore, di Blok Waspada Gunung Cikuray. 2 kilometer dari lokasi tempat pengeroyokan.

(mso/mso)