Korupsi Bansos COVID-19, Anak Aa Umbara Dituntut 5 Tahun Bui

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 09:08 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom).
Bandung -

Andri Wibawa, anak Bupati Bandung Barat nonaktif Aa Umbara Sutisna dan pengusaha M Totoh Gunawan turut dituntut hukuman penjara atas kasus korupsi pengadaan barang bantuan sosial (bansos) COVID-19. Andri dituntut jaksa KPK 5 tahun sedangkan M Totoh dituntut 6 tahun penjara.

Tuntutan itu disampaikan Heri Gunawan kuasa hukum dari Andri Wibawa. Pembacaan tuntutan dilakukan jaksa KPK pada Senin (25/10) malam.

"Untuk Andri 5 tahun, Totoh 6 tahun," ucap Heri kepada detikcom, Selasa (26/10/2021).

Heri menuturkan untuk kedua terdakwa ini sama-sama dikenakan Pasal 12 i Jo Pasal 55 KUHPidana Undang-Undang Nomor 31 tentang Tipikor.

Menanggapi soal tuntutan jaksa KPK terhadap kliennya Andri Wibawa, Heri mengatakan uraian dalam tuntutan jaksa KPK ini tidak selaras dengan fakta persidangan. Menurut dia, banyak fakta-fakta persidangan yang dikesampingkan.

"Kalau kita dari awal mengatakan apa yang dilakukan jaksa memang banyak tidak sesuai fakta persidangan. Fakta persidangan bias. Ya wajar saja jaksa akan mencari yang menguntungkan," kata Heri.

Heri mengatakan fakta-fakta persidangan yang dikesampingkan itu nantinya akan dibedah dalam nota pembelaan atau pleidoi.

"Itu nanti intinya kita akan bedah dalam pleidoi kita. Tugas kita nantinya penyeimbang pleidoi. Mudah-mudahan hakim menggunakan hati nuraninya," tuturnya.

Sebelumnya, Bupati Bandung Barat nonaktif Aa Umbara Sutisna dituntut hukuman 7 tahun penjara. Aa Umbara dinilai terbukti melakukan tindak pidana korupsi pengadaan barang bantuan sosial (bansos) COVID-19.

Tuntutan terhadap Aa Umbara dibacakan Jaksa KPK dalam sidang tuntutan yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Senin (25/10/2021). Dalam tuntutannya, Aa Umbara dinilai telah melanggar dakwaan kumulatif 1 dan 2 yakni Pasal 12 huruf i dan Pasal 12 huruf B Undang-Undang nomor 31 Tindak Pidana Korupsi.

"Menjatuhkan pidana selama tujuh tahun dikurangi selama dalam tahanna dan denda Rp 300 juta subdider 6 bulan kurungan," ucap jaksa KPK.

Lihat Video: Korupsi Bansos, Aa Umbara dan Anaknya Ditahan di Rutan Berbeda

[Gambas:Video 20detik]




(dir/mso)