Dua Ulama Dicegat Remaja Bersenjata Tajam di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 14:18 WIB
The greatest fear, an intruder in the house.
Ilustrasi (Foto: iStock)
Sukabumi -

Dua ulama dicegat oleh sekelompok remaja usai mengisi ceramah di Sukabumi, Minggu (24/10) malam. Polisi bergerak dan mengamankan remaja tersebut.

Informasi dihimpun detikcom, kejadian itu bermula saat Habib Rehan dan Habib Muhammad dalam perjalanan pulang mengisi ceramah di acara tablig akbar di Kampung Ciseupan Hilir, Desa Seuseupan, Kecamatan Caringin. Saat diperjalanan, ada empat remaja tiba-tiba mencegat dan mengacungkan senjata tajam.

"Perjalanan pulang kami iring-iringan ada tiga mobil dan motor. Habib di mobil, sementara pengawalan tiga motor. Setelah itu ada sekelompok remaja entah bagaimana cekcok, bahkan ada yang mengacungkan senjata tajam," kata Solihin, warga setempat, kepada detikcom, Senin (25/10/2021).

Saat itu panitia tablig akbar yang ikut dalam iring-iringan langsung mengabarkan hal itu ke warga lainnya. Mereka mendatangi lokasi kejadian. Satu remaja ditangkap dan langsung diserahkan ke Polsek Caringin.

"Satu orang diamankan warga. Karena massa tidak terbendung, saya dan warga di situ minta izin ke habib agar pelaku diamankan ke kepolisian," ucap Solihin.

Solihin menduga aksi pelaku dipicu salah paham. "Mungkin mereka risih sampai kemudian peristiwa itu terjadi, malam itu juga kami bersama habib dan kepanitiaan menganggap permasalahan itu clear. Pelaku meminta maaf dan diselesaikan secara kekeluargaan. Mereka itu empat orang berboncengan dua motor," tutur Solihin.