Pemkab Bandung Siapkan Rp 2,5 M untuk Bonus Atlet PON XX Papua 2021

Muhammad Iqbal - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 14:42 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna sambut atlet PON.
Bupati Bandung Dadang Supriatna sambut atlet PON (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung berikan kadeudeuh kepada para atlet peraih medali pada PON XX Papua 2021. Anggaran total Rp 2,5 miliar disiapkan sebagai apresiasi untuk para atlet.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan atlet asal Kabupaten Bandung menyumbang 15 persen medali bagi Jawa Barat. Total ada 19 emas, 19 perak dan 22 perunggu.

"Alhamdulillah para atlet bisa kembali lagi ke Kabupaten Bandung dalam kondisi sehat. Itu yang paling penting. Di samping sehat, Alhamdulillah dari 92 atlet yang diboyong untuk ikut PON melalui KONI Jawa Barat, ternyata hampir 15 persen, 48 orang yang menjadi peraih medali," ucap Dadang kepada wartawan di Rumah Dinas Bupati Bandung, Kamis (21/01/2021).

Ia menjelaskan atlet yang meraih medali emas akan menerima uang sebesar Rp 65 juta, peraih perak mendapat 40 juta dan peraih perunggu sebesar Rp 30 juta. Total pihaknya menyiapkan Rp 2,5 miliar untuk bonus para atlet.

"Kita jumlahkan, total kabupaten Bandung memberikan uang sebanyak 2,5 miliar. Untuk 48 orang dan di dalamnya ada 60 medali," ungkapnya.

Ia mengklaim bahwa kadeudeuh yang diberikan Pemda Bandung tergolong besar bila dibandingkan dengan daerah lain. Dirinya pun berharap agar atlet asal Kabupaten Bandung tetap konsisten dalam berprestasi.

"Kalau kita bandingkan soal uangnya, kita lebih besar lah dibandingkan daerah lain dan bahkan ada daerah lain yang tidak memberikan bonus," ungkapnya.

"Tentunya untuk Kabupaten Bandung berkomitmen untuk menghargai atlet-atlet kita yang berprestasi. Dan saya minta atlet ini tetap konsisten dan semoga tidak meninggalkan Kabupaten Bandung," ujarnya.

Sebelumnya, Jawa Barat menjadi juara umum dalam perhelatan PON Papua 2021. Dengan total raihan 133 emas, 105 perak dan 115 perunggu.

(mso/mso)