Begini Debt Collector Pinjol Sleman Meneror Nasabah hingga Depresi

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sabtu, 16 Okt 2021 17:02 WIB
Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar AKBP Roland Ronaldy
Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar AKBP Roland Ronaldy/Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung -

Polda Jawa Barat membongkar praktik pinjaman online (pinjol) ilegal di Sleman, Yogyakarta. Hasil pemeriksaan sementara diketahui para debt collector online melakukan pengancaman saat menagih uang ke nasabah.

"Jadi hasil device yang kita dapatkan, kita lihat di PC-nya juga itu kita dapatkan adanya pengancaman ke beberapa nasabah," ujar Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar AKBP Roland Ronaldy di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Sabtu (16/10/2021).

Pengancaman itu berdampak serius bagi nasabah. Salah satunya seperti yang dialami oleh TM warga Jabar yang kini dirawat di rumah sakit hingga mengalami depresi akibat diteror debt collector online.

"Sampai dengan si korban ini masuk rumah sakit karena merasa terancam atau depresi dan masuk rumah sakit," tutur dia.

Menurut Roland, ada empat orang pegawai yang terlibat langsung menagih ke TM. Keempatnya sudah diamankan bersamaan dengan puluhan orang lain.

"Kita sudah menemukan dari korban tersebut itu ada empat orang yang terlibat langsung gitu ya, sedangkan sisanya kita sedang lakukan pemeriksaan untuk peranannya," ujarnya.

Ragam bentuk ancaman dilakukan oleh para debt collector online tersebut. Paling banyak, kata Roland, para debt collector ini memaki nasabahnya.

"Ancamannya mengata-ngatai, kemudian meminta dan memaksa untuk segera dilakukan pembayaran," kata dia.

Untuk bentuk teror lainnya, Roland mengatakan penyidik Subdit V Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar yang dipimpin Kasubdit V Kompol A Prasetya masih melakukan pendalaman. Termasuk ada tidaknya ancaman berupa penyebaran konten porno seperti di DKI Jakarta.

"(Teror lainnya) masih didalami," ucapnya.

Sebelumnya, Polda Jawa Barat menggerebek kantor perusahaan pinjaman online (pinjol) ilegal. Sebanyak 89 orang debt collector diringkus.

Perusahaan pinjol ilegal yang digerebek Polda Jabar berada di sebuah ruko lantai 3 Jalan Prof Herman Yohanes, Sami rono, Caturnunggal, Kecamatan Depok, Kota Yogyakarta, DIY. Polisi menggerebek tempat tersebut pada Kamis (14/10/2021).

Simak video 'Puluhan Pegawai Pinjol Ilegal Sleman Digiring ke Polda Jabar':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/ern)