BP2MI Duga Ribuan Calo PMI Ilegal Berkeliaran di Jabar Cari Korban

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sabtu, 16 Okt 2021 13:34 WIB
BP2MI Bandung endus ribuan calo PMI ilegal tersebar di Jabar
Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung -

Praktik penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) disorot. Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mengindikasi banyaknya calo perekrutan ilegal berkeliaran di Jawa Barat.

"Dari jumlah yang kita tangani, yang mereka dulu diberangkatkan secara ilegal maka calo atau kaki tangan itu begitu banyak. Kalau Jabar ada 27 kabupaten dan kota bisa dibayangkan ada berapa kecamatan dan desa maka saya yakin di Jabar tak hanya ratusan tapi ribuan calo yang bekerja untuk sindikat penempatan ilegal, belum provinsi lain," ujar Kepala BP2MI Benny Rhamdani, Sabtu (16/10/2021).

BP2MI bersama Polda Jabar sudah berhasil meringkus satu orang calo perekrutan PMI berinisial TM asal Cirebon. Dia merekrut 36 calon PMI yang rencananya hendak diberangkatkan ke Taiwan dan Polandia.

Benny meyakini ada orang-orang dibalik TM ini. Sehingga, kata dia, perlu diusut secara lengkap usai penangkapan terhadap TM ini.

"Kita meyakini kalau melihat TM dengan latar belakang pendidikan biasa saja seperti N (calo PMI yang sudah ditangkap) pasti ada master mind di belakangnya. Nah, kita ingin master mand kni dikejar, kita seret secara pidana dan secara fisik mereka dipenjarakan dan kita juga ingin kekayaan yang diperoleh dari kejahatan ini disita oleh negara," kata Benny.

Benny menambahkan hasil penangkapan terhadap TM ini tengah diusut oleh Polda Jabar. Menurut dia, pengembangan akan dilakukan oleh tim penyidik dari Polda Jabar.

"Kasusnya sekarang sudah di Polda. Nanti pengembangannya di sana, nanti Polda pasti akan melakukan gelar perkara kemudian ekspos dan nanti P21 masuk di proses hukum selanjutnya," tutur dia.

Sebelumnya, Badan Pelindungan Pekerjaan Migran Indonesia (BP2MI) bersama Polda Jabar meringkus calo penempatan pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal. Sebanyak 36 orang calon PMI berhasil diselamatkan dari keberangkatan ilegal.

Satu orang calo yang berinisial TM itu diamankan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar dan BP2MI Bandung pada Rabu (13/10) kemarin. Calo perempuan itu ditangkap di Cirebon.

(dir/ern)