PIKKC ITB Ajak Pemerintah-Industri Percepat Digitalisasi UMKM

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 19:35 WIB
Ilustrasi UMKM
Ilustrasi UMKM (Foto: dok. Tokopedia)
Bandung -

Percepatan transformasi digital sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) menjadi salah satu fokus yang ingin didorong Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas (PIKKC) ITB. Digitalisasi UMKM dianggap penting menjelang era masyarakat 5.0.

Digitalisasi menjadi hal yang tak terelakan di tengah pandemi ini. Namun, akses internet serta indeks kesiapan digital dari pelaku UMKM ini tidak sepenuhnya siap. Sehingga, perlu kerjasama antara pemerintah, pelaku bisnis serta masyarakat untuk menuju digitalisasi UMKM.

Lewat webinar dengantema 'Transformasi UMKM Menuju Ekonomi Digital Era Society 5.0', PIKKC ITB menggandeng pemerintah, industri asosiasi serta masyarakat mendorong percepatan ekonomi digital melalui sosialisasi berbagai program UMKM 'go digital'

Kepala PIKKC ITB Suhono Harso Supangkat mengatakan target dari kegiatan ini untuk mempercepat transformasi UMKM yang lebih efektif dan efisien. Untuk itu, perlu ada kesamaan visi dan misi antara akademisi, pemerintah dan kelompok masyarakat.

"Terutama dalam dalam hal ini mendukung pemulihan perekonomian pasca-pandemi Covid-19. Digitalisasi akan dapat bertahan dan bahkan bisa mengambil peluang atau mencari pasar lebih besar di tengah krisis akibat pandemi. Jangka panjangnya tentu dalam menghadapi era Society 5.0," jelas Suhono dalam keterangannya, Kamis (14/10/2021).

Peneliti di PIKKC ITB, Baskara menyebutkan digitalisasi UMKM di Indonesia masih memiliki banyak tugas untuk diselesaikan.

"Solusi dalam mengembangkan UMKM digital itu tidak hanya fokus di sisi teknologi, namun perlu lincah untuk menyusun strategi digitization, digitalization menuju transformasi digital melalui literasi digital, digital talenta dan leadership" ungkap Baskara.

SVP Enterprise Telkomsel Damar Simorangkir menjelaskan sebagai industri telekomunikasi, pihaknya konsen terhadap perkembangan UMKM. Dengan begitu, ekonomi Indonesia pun akan pulih usai dihantam pandemi.

"Komitmen sangat serius dari telkomsel untuk memberdayakan UMKM dengan memberikan non stop solution berupa platform berbasis ekosisteml" Ungkap Damar.

Dalam webinar ini juga dihadiri Teten Masduki (Menteri Koperasi dan UKM RI), Ansfridus J Andjioe (Kepala Diskop UKM Kalimantan Barat), I Gede Dana (Bupati Karangasem).

(dir/mud)