Ridwan Kamil dan PAN Mesra, Begini Kata Desy Ratnasari

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 14:42 WIB
Zulhas terang-terangan jatuh cinta kepada Ridwan Kamil
Foto: Ridwan Kamil dapat kado ultah dari PAN (Istimewa).
Bandung -

Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Barat Desy Ratnasari menanggapi kemesraan partainya dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Menurutnya menjaga hubungan dan silaturahmi perlu dilakukan baik antar partai politik maupun dengan pihak eksekutif termasuk di tingkat daerah.

"Kemesraan dan silaturahim politis wajib kami laksanakan dengan semua pimpinan partai. Maupun eksekutif di Jabar. Demi menciptakan situasi politik yang kondusif dan bermakna bagi PAN di masa depan," ucap Desy, saat dihubungi, Rabu (6/10/2021).

Pihaknya juga mengaku akan mengikuti setiap perintah partai di tingkat pusat. Apalagi menyangkut kemajuan Jawa Barat ke depan.

"Sebagai ketua DPW, kami sami'na wa atho'na dengan keputusan DPP. sebagai kader kami akan siap mendukung dan akan melaksanakan keputusan DPP yg terbaik bagi Jawa Barat," ujar Desy.

Sementara itu, Wakil Ketua DPW PAN Jabar Hasbullah menilai kedekatan Ridwan Kamil dan PAN merupakan suatu pertanda yang baik untuk menyongsong 2024. "Ya (suatu pertanda yang baik)," kata Hasbullah.

Sebelumnya, hubungan Ridwan Kamil dan Partai Amanat Nasional (PAN) kian mesra. Hal itu terbukti dalam rangkaian Workshop Nasional DPP PAN yang digelar di Nusa Dua, Bali pada Selasa (5/10/2021).

Ketika itu Ridwan Kamil menjadi pembicara terkait topik kepemimpinan di era pasca pandemi di hadapan ribuan kader PAN yang menyaksikan secara hybrid (luring dan daring).

Usai memberikan materi pria yang akrab disapa Kang Emil itu memberikan hadiah berupa batik rancangannya kepada Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan.

"Tiap pemimpin backgroundnya beda-beda ya. Saya background-nya arsitek hobi menggambar, jadi menggambar kota, alun-alun, batik pun saya gambar. Ini batik saya desain, sudah dipakai (boyband) Super Junior di Korea, warnanya biru khusus untuk para pemimpin," ucap Kang Emil seperti dilihat detikcom dari live streaming PAN TV, Rabu (6/10/2021).

Usai menerima hadiah tersebut, Zulhas -sapaan Zulkifli- menyebut jatuh cinta dengan Kang Emil.

"Saya jatuh cinta dengan Kang Emil ini, saya kira teman-teman di seluruh Tanah Air yang hadir hari ini, apa yang disampaikan (Ridwan Kamil) ini banyak menginspirasi, masa kalian tidak mau seperti Kang Emil," ujar Zulhas.

Zulhas menyebut ada kesan yang membekas dalam dua pertemuan dengan Kang Emil. Namun, kata Zulhas dalam workshop Nasional itulah yang paling membekas.

"Saya dua kali ketemu tapi agak dalam ini yang kedua. Yang pertama waktu di pondok di gunung. Saya simak betul. Ini yang kedua, saya simak betul. Bukan jatuh cinta lagi, lama-lama jatuh cinta betulan," ucap Zulhas.

Simak video 'Kian Mesra, PAN Tegaskan Belum Ada Deal Politik dengan Ridwan Kamil':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/mso)