Ma'ruf Amin Puji Eksistensi Urban Farming di Kota Bandung

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 29 Sep 2021 09:33 WIB
Wapres Maruf Amin saat mengunjungi urban farming di Kota Bandung
Wapres Ma'ruf Amin saat mengunjungi urban farming di Kota Bandung (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin berkunjung ke lokasi urban farming atau buruan sehat alami ekonomis (SAE) di RW 3 dan RW 4, Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung.

Pantauan detikcom, Rabu (29/9/2021) orang nomor dua di Indonesia ini datang ke lokasi buruan SAE Pajajaran sekitar Pukul 08.00 WIB, didampingi Mendagri Tito Karnavian, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Wali Kota Bandung Oded Bandung dan Camat Cicendo Bira Gumbira.

Dengan pengawalan ketat, Ma'ruf langsung berjalan ke lokasi buruan SAE Pajajaran yang berdiri di atas aliran Sungai Cilimus, Cicendo, Bandung.

Buruan SAE yang ada di atas aliran Sungai Cilimus ini memiliki panjang sekitar 48 meter.

Ma'ruf melihat tanaman hias yang berjejer di pintu masuk buruan SAE Pajajaran.

Setelah itu, Ma'ruf melihat sayuran hidroponik yang berjejer rapih diinstalasi pipa plastik yang dibuat secara swadaya oleh warga sekitar.

Ma'ruf juga melihat kolam ikan nila dan ikan lele. Keberadaan urban farming di buruan SAE Pajajaran ini diaspresiasi oleh Ma'ruf.

"Bagus," kata Ma'ruf mengacungkan jempol kepada Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Kunjungan Ma'ruf ke buruan SAE Pajajaran tidak lama, hanya sekitar 10 menit. Menutupi kunjungannya, Ma'ruf langsung berfoto di jembatan sungai dan setelah itu langsung meninggalkan lokasi acara sambil melambaikan tangan kepada warga.

Sekedar diketahui, buruan SAE merupakan program unggulan Wali Kota Bandung dalam mewujudkan masyarakat mandiri pangan.

Pengurus Buruan SAE Rusdiana mengatakan, kesempatan yang langka buruan SAE Pajajaran bisa dikunjungi Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Alhamdulilah, uji kesempatan yang langka yang dialami urban farming di Kota Bandung. Wilayah kami mendapatkan kesempatan dikunjungi wakil presiden mudah-mudahan ini menjadi motivasi untuk pegiat urban farming lainnya dan semangat menanam," ujar Rusdiana.

"Beliau tadi lihat strawberry, sayuran sama kolam ikan," tambahnya.

Rusdiana juga menyebut, aspirasi diberikan langsung oleh Mar'ruf Amin, karena petani merupakan suatu pekerjaan yang sangat mulia.

"Alhamdulillah beliau sangat mengapresiasi karena petani itu merupakan pekerjaan mulia," pungkasnya.

Simak juga 'Bertani Golden Melon, Milenial Tasikmalaya Raup Cuan di Masa Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mud)