Detik-detik Evakuasi Sopir Terjepit Kabin Truk Terguling di Bandung

Muhammad Iqbal - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 17:03 WIB
Truk bermuatan semen cair terguling di Nagreg, Kabupaten Bandung.
Truk muatan semen cair di Bandung terguling (Foto: Muhammad Iqbal)
Bandung -

Dua orang sopir truk bermuatan semen cair terjepit kabin truk di Simpang Nagreg, Kabupaten Bandung. Mereka baru dapat dievakuasi setelah menghabiskan waktu selama tiga jam.

Sebelumnya, sebuah truk bermuatan semen cair mengalami kecelakaan di Simpang Nagreg, Kabupaten Bandung pada Selasa (28/9/2021) sekira pukul 12.30 WIB.

Sejumlah warga dan petugas kepolisian dari Polresta Bandung, Dishub Kabupaten Bandung, dan SAR Bandung terjun untuk melakukan evakuasi kepada para pengendara truk tersebut.

Dari pantauan detikcom, sejumlah warga membantu menggunakan alat seadanya. Beberapa menit kemudian baru ada sejumlah alat berat yang ikut membantu.

Tidak lama usai kejadian, sopir pertama sudah dapat dievakuasi. Petugas dan warga mengalami kesulitan ketika akan mengevakuasi sopir kedua.

"Kalo yang sopir kedua ini kayanya dia lagi tidur di belakang, jadi kejepit di belakang kabin," ujar Mamat yang ikut membantu evakuasi korban.

Setelah tiga jam lebih, sopir kedua baru dapat dievakuasi. Kedua korban dibungkus menggunakan kantung jenazah dan dibawa menggunakan mobil ambulance.

Data sementara, sopir tersebut bernama Bahrul (29) dan Pian (30). Keduanya sudah tidak bernyawa sebelum berhasil dievakuasi.

"Basarnas mendapatkan informasi ada kecelakaan pada pukul 12.30 WIB. Ketika di lokasi korban sudah dalam kondisi meninggal dunia," ujar Kasi Ops SAR Bandung Supriono di lokasi kejadian.

Supriono menuturkan, petugas dan warga sempat mengalami kesulitan saat melakukan evakuasi korban.

"Ini kan kecelakaan khusus, maka peralatannya juga harus dengan alat khusus. Karena tidak semua orang dapat mengevaluasi dalam kondisi seperti ini," ujarnya.

Saat ini kedua korban sudah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Cicalengka.

Sementara itu, kondisi truk masih belum dilakukan evakuasi. Petugas masih menanti truk crane untuk mengangkut truk yang beratnya diperkirakan 30 ton itu.

(mud/mud)