Dapat Stok Vaksin 1,3 Juta Dosis, Bupati Bandung Targetkan Habis Sebulan

Muhammad Iqbal - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 16:15 WIB
The hands in blue glove of the scientist hold the processor
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Alernon77)
Bandung -

Pemerintah Kabupaten Bandung akan mendapatkan vaksin sebanyak 1,3 juta dosis dalam beberapa pekan ke depan. Bupati Bandung Dadang Supriatna menargetkan, total vaksin itu akan habis dalam satu bulan.

Dadang menuturkan, pekan lalu Pemda Bandung telah menerima 550 ribu dosis vaksin. Nantinya, akan ada 700 dosis yang akan dikirim kembali ke Pemda Bandung.

"Nanti sore ada rapat lagi, kita punya stok 1,3 juta, Minggu kemarin sudah 550 ribu, Minggu ini 700 ribu, kurang lebih jadi 1,3 - 1,5 juta total stok kami," ucap Dadang saat memantau vaksinasi di Majalaya, Kabupaten Bandung, Senin (27/9/2021).

Dadang menuturkan, stok vaksin tersebut akan dibagikan ke sejumlah sentra vaksin yang tersedia di Kabupaten Bandung. Selain itu pula, akan dibagikan ke titik vaksin seperti puskesmas dan rumah sakit.

Saat ini, kata Bupati, vaksinasi di dalam sehari sudah mencapai 40 ribu dosis. Angka tersebut akan ditambah hingga mencapai 70 ribu.

"Nanti kita rapatkan, membagi habis ke sentra sentra vaksin, sehingga sasaran kita dalam sehari itu 40 ribu dosis," ucapnya.

"Kemudian akan kita tambah lagi minimal sampai 70 ribu. Hanya mungkin kita akan mengajak beberapa universitas, perguruan tinggi," lanjutnya.

Dengan begitu, ia menargetkan stok vaksin tersebut akan habis dalam waktu satu bulan. Namun hal itu diakui akan sulit tanpa kerjasama setiap pihak.

"Sehingga kita dorong untuk menambah sentra-sentra vaksin, yang pada akhirnya 20 hari, sampai 1 bulan bisa selesai atau habis," pungkasnya.

(mud/mud)