Unak Anik Jabar

Legenda Nyi Rambut Kasih, Ratu Sakti yang Sering Muncul di Pendopo Majalengka

Bima Bagaskara - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 10:47 WIB
Pendopo Bupati Majalengka
Foto: Pendopo Bupati Majalengka (Bima Bagaskara/detikcom).
Majalengka -

Cerita masyarakat yang melegenda hampir selalu ada di setiap daerah. Di Majalengka, Jawa Barat terdapat sebuah kisah legenda yang sudah bertahan turun-temurun hingga saat ini. Kisah legenda tersebut menceritakan tentang keberadaan sosok Nyi Rambut Kasih.

Nyi Rambut Kasih diceritakan merupakan sosok seorang ratu dari Kerajaan Sindangkasih, Majalengka. Sosok Nyi Rambut Kasih konon sangat disegani karena memiliki kekuatan dan ilmu supranatural yang tinggi.

Cerita mengenai Nyi Rambut Kasih di kalangan masyarakat Majalengka sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Namun, hingga kini belum ada bukti kuat yang bisa menunjukkan tentang kebenaran dari sosok perempuan cantik ini.

Di Majalengka, sosok Nyi Rambut Kasih ini dikenal dengan keberadaan petilasan yang berada di Dusun Leuwilenggik, Kelurahan Sindangkasih, Kecamatan Majalengka. Petilasan ini disebut-sebut sebagai tempat Nyi Rambut Kasih menghilang kala itu.

Nana Rohmana selaku Ketua Grumala (Gruop Madjalengka Baheula) sekaligus penikmat sejarah Majalengka menerangkan, sosok Nyi Rambut Kasih saat ini menurutnya hanyalah sebuah kisah legenda belaka.

Nana mengatakan Nyi Rambut Kasih diceritakan sebagai seorang ratu dari Kerajaan Sindangkasih dengan paras cantik yang memiliki kekuatan sakti mandraguna.

"Nyi Rambut Kasih ini legenda yah cerita rakyat yang secara turun temurun sudah ada. Mungkin menurut saya tokoh ini ada, tapi ya kalau dikembangkan menjadi sejarah harus ditelurusi dulu," kata Nana saat diwawancarai detikcom, Sabtu (25/9/2021).

"Sosok ini adalah penguasa Kerajaan Sindangkasih yang juga masuk dalam legenda juga. Dia itu ratu yang sakti mandraguna, cantik dan belum menikah karena tidak punya keturunan," sambungnya.

Pria yang akrab disapa Naro ini menjelaskan, meski hanya kisah legenda karena belum ada bukti kuat tentang keberadaan sosok Nyi Rambut Kasih, namun masyarakat sudah turun temurun meyakini adanya sosok tersebut.

Disebutkannya juga, adanya petilasan berupa batu di Dusun Leuwilenggik semakin menguatkan cerita rakyat tentang legenda Nyi Rambut Kasih.

"Disebut itupetilasan karena ada ceritadisitu katanya tempat menghilangnya sosok beliau. Lokasinya juga di Dusun Leuwilenggik yang artinya lenggik itu perempuan yang ramping, kemudianm leuwi artinya sungai. Jadi katanya beliau sering mandi di sungai," ujarNaro.

Simak juga 'Histori Masjid Jami Darussalam yang Konon Berusia 600 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]