Kejar Target 70 Persen Vaksinasi, Pemkab Bogor Libatkan MUI

M Solihin - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 14:08 WIB
Pemkab Bogor gandeng MUI untuk kejar target vaksinasi
Pemkab Bogor gandeng MUI untuk kejar target vaksinasi (Foto: M Solihin)
Bogor -

Pemkab Bogor menargetkan 70 persen dari 4,2 jiwa yang jadi total sasaran vaksinasi bisa tercapai pada akhir tahun 2021. Berbagai upaya dilakukan, termasuk melibatkan ulama untuk percepatan vaksinasi di pesantren dan lembaga pendidikan Islam.

"Saya apresiasi langkah MUI Kabupaten Bogor dalam upaya membantu percepatan vaksinasi di Kabupaten Bogor. Dalam upaya capaian 70 persen masyarakat Kabupaten Bogor divaksinasi pada akhir tahun ini," kata Bupati Bogor Ade Yasin dalam keterangannya, Kamis (23/9/2021).

Selain itu, Ia mengajak MUI untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya tokoh-tokoh pemuka agama agar tidak termakan hoaks.

"Kita tidak bisa berjalan tanpa dibantu MUI dan stakeholder lainnya. Juga sosialisasi MUI ini sangat dibutuhkan terkait kehalalan dan kemanfaatan vaksinasi," harapnya.

Untuk di ketahui, total target vaksinasi di Kabupaten Bogor mencapai 4,2 juta orang. Pemkab Bogor menargetkan, 70 persen atau sekitar 3,4 juta orang sudah divaksinasi hingga akhir tahin 2021. Sementara berdasarkan data pada 20 September 2021, sebanyak 1,2 juta orang sudah menjalani vaksinasi dosis pertama.

Ketua MUI Kabupaten Bogor Mukri Aji mengatakan, upaya sosialisasi terus dilakukan agar masyarakat semakin faham tentang pentingnya vaksin melalui MUI di tingkat kecamatan maupun tingkat desa.

"Kita contoh dari internal dahulu, kita melihat data di lapangan pengurus MUI Kecamatan dan Desa sudah melaksanakan semua vaksinasi. Untuk sekarang kita menyasar ke Ponpes dan lembaga pendidikan Islam, Ibtidaiyah Tsanawiyah dan Aliyah dan lainnya," kata Mukri Aji di Pesantren Darussalam Ciomas.

"Kita membantu percepatan Vaksinasi di Kabupaten Bogor sebagai ikhtiar menjaga agama, menjaga jiwa dan kesehatan umat dari paparan virus Covid-19," imbuhnya.

Selain itu, kata Mukri Aji, MUI Kabupaten Bogor juga terus melakukan sosialisasi kepada tokoh dan masyarakat tentang legalitas vaksin dari perspektif agama.

"MUI pusat telah meneliti vaksin, selain halal Insyaallah selamat dan sehat. Alhamdulillah respon seluruh pengurus MUI dan tokoh di Kabupaten Bogor sangat dukung, yang kena hoaks juga kita jelaskan," katanya.

(mud/mud)