Aksi Anggota TNI Ciamis Joget Depan ODGJ Bugil Demi Bujuk Kenakan Baju

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 18:51 WIB
Anggota TNI berikan baju ke ODGJ bugil.
Foto: Anggota TNI berikan baju ke ODGJ bugil (Istimewa).
Ciamis -

Video aksi anggota TNI Kodim 0613 Ciamis berikan baju ke perempuan ODGJ viral di media. Dia membujuk perempuan ODGJ bugil itu sambil joget.

Dalam video berdurasi 48 detik itu terlihat anggota TNI tersebut melakukan joget-joget kemudian diikuti oleh perempuan ODGJ. Tak lama kemudian anggota TNI yang diketahui bernama Peltu Nurjaya menyodorkan baju dan langsung berhasil memakaikannya ke ODGJ tersebut.

Kejadian tersebut terjadi di wilayah Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat pada 21 September 2021. Video ini menyebar di grup perpesanan WhatsApp dan medsos.

Dandim 0613 Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani membenarkan bahwa dalam video tersebut adalah anggotanya. Ia merupakan Danpos Baregbeg Kodim 0613 Ciamis Peltu Nurjaya atau biasa dikenal Bang Cengli.

"Iya betul itu kejadiannya di Baregbeg beberapa hari lalu," ujar Dadan saat ditemui di Makodim Ciamis, Kamis (23/9/2021).

Dadan menjelaskan pertamanya ada informasi perempuan diperkirakan ODGJ tidak memakai baju. Kemudian Anggota TNI bersama unsur Muspika Ciamis menelusuri perempuan tersebut dan terlihat kurang etis untuk diberikan pakaian.

Setelah ditemukan perempuan tersebut ditemui oleh anggota TNI bersama Camat dan Desa. Pertamanya perempuan tersebut terlihat menolak dipakaikan baju. Namun anggota pandai membaca situasi, Bang Cengli melakukan gerakan joget. Aksinya tersebut diikuti perempuan itu dan akhirnya mau memakai baju.

"Ini aksi spontanitas anggota. Joget-joget supaya ngikut dan Alhamdulillah yang bersangkutan mau dipakaikan baju," ucapnya.

Namun setelah dipakaikan baju, perempuan tersebut malah pergi dan belum sempat ditangani ke Dinas Sosial. Padahal pihaknya akan berkoordinasi untuk didata. Diduga perempuan tersebut bukan berasal dari Kecamatan Baregbeg, karena warga setempat tidak ada yang mengenalinya.

"Tentunya saya apresiasi, begitu juga Camat, kades sangat apresiasi. Ini sebagai bentuk kepedulian. Memang kita tekankan agar selalu bersikap humanis kepada siapapun," ujarnya.

(mso/mso)