Perkuat Akses Perbankan untuk Warga Desa, APDESI Jabar Gandeng Bank bjb

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 21:07 WIB
Bank bjb
Foto: Istimewa
Bandung -

APDESI Jabar bersama Bank bjb terus berupaya melakukan peningkatan kesejahteraan warga desa. Berbagai layanan dari Bank bjb bisa dimanfaatkan warga untuk untuk kemajuan.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank bjb Widi Hartoto mengatakan kerja sama ini seputar pemanfaatan produk dan program layanan keuangan khusus dibuat oleh Bank bjb dalam rangka peningkatan inovasi layanan bagi desa dan BUMDES.

"Diharapkan kerja sama yang terjalin antara kedua belah pihak dapat membantu memudahkan masyarakat dan pemerintah desa dalam mengelola layanan keuangan desa hingga mewujud Desa Mandiri yang selaras dengan harapan Kementerian Desa," ungkap Widi dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Rabu (22/9/2021).

Sebelum kerja sama ini berjalan, bank milik Pemprov Jabar ini sudah menjalin komitmen untuk membangun desa. Terutama dalam memaksimalkan pemanfaatan anggaran desa.

Seperti diketahui, jumlah desa di Jabar sendiri mencapai 5.312 desa. Tahun lalu, dana desa yang diluncurkan pemerintah pusat mencapai Rp 5,9 triliun. Besaran setiap desa berbeda-beda. Namun, rata-rata di atas Rp 200 juta per desa.

Kepala DPM Desa Jabar Bambang Tirtoyuliono mengatakan ruang lingkup kerja sama antara Bank bjb dan DPM Desa Jabar secara garis besar di antaranya peningkatan efektivitas pengelolaan dana desa dan BUMDES melalui sejumlah sistem yang terintegrasi.

"Kemudian, peningkatan kapasitas BUMDES melalui pelatihan pengelolaan bisnis, hingga menerapkan sejumlah inovasi layanan keuangan desa secara online seperti Sistem Keuangan Desa Online, Smart Village, hingga Social Fund Transfer (SFT)," ujarnya.

(wip/mso)