Cerita Korban Selamat dari Kecelakaan Minibus Maut di Tol Cipali

Dian Firmansyah - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 15:14 WIB
Kecelakaan terjadi di ruas jalan Tol Cipali. Kecelakaan itu menewaskan 4 orang dan mengakibatkan sebuah minibus rusak parah hingga ringsek. Ini penampakannya.
Foto: Kecelakaan minibus di Tol Cipali (Dian Firmansyah/Detikcom).
Purwakarta -

Minibus yang alami kecelakaan di Tol Cipali ternyata ditumpangi satu keluarga. Hal ini dikatakan salah satu korban luka ringan yang saat ini masih dalam perawatan tim medis di Rumah Sakit Abdul Radjak Purwakarta.

Muhammad Raditya Putra (14), salah satu korban alami luka memar di bagian pelipis mata sebelah kiri. Selain itu dia juga mengalami luka memar di sejumlah titik akibat terbentur.

"Saya dari Jakarta sampai ke Purwadadi Kamis malam, abis dari Purwadadi pulang ke Bojonegoro dulu, besoknya baru berangkat ke Yogya abis ke Yogya baru ke Jakarta. Udah tau bannya tapi enggak dicek, kejadian denger ban meledak udah meledak nabrak truk udah itu saya enggak ingat lagi," ujar Raditya ditemui di IGD rumah sakit Abdul Radjak Purwakarta, Rabu (22/09/2021).

Raditya menjelaskan, penumpang dari minibus maut itu adalah keluarga asal Jakarta Timur. mereka berangkat pada Kamis (16/9/2021) dari Jakarta untuk menghadiri hajatan. Usai hajatan, mereka sempat singgah di Bojonegara dan pada esok harinya baru melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta untuk berlibur. Lalu mereka melanjutkan perjalanan pulang pada Selasa (21/9/2021).

Selama beristirahat di rest area Raditia mengira mereka akan menginap istirahat di sana. Sebab dia melihat waktu yang sudah hampir dini hari dan sopir perlu istirahat.

"Saya duduk di bangku kedua, kita berangkat dari Bojonegara itu Selasa Sore, saya lihat sopir sudah ngantuk, kita sempat berhenti di rest area Tol Cipali hampir tengah malam. Saya tahu ban kurang prima tapi kita tidak cek lagi," kata dia.

Tak lama kemudian insiden nahas tersebut terjadi. Ban sebelah kanan pecah, mobil oleng ke kiri dan menabrak truk di lajur lambat. Mobil terguling dan berakhir di parit jalan.

Setelah beberapa saat, Raditya mengaku tersadar dari pingsannya. Lalu dia memanggil saudaranya yang lain dan merangkak naik ke jendela kedua.

"Setelah sadar dari pingsan, kaca emang udah pecah, saya naik untungnya badan enggak kejepit, terus dobrak kaca keluar lewat kaca, terus saya tarik-tarikin sodara yang masih sadar di dalam," kata dia.

Ia tak sanggup menolongnya sendiri, lalu ia sempat meminta bantuan menyetop kendaraan di sekitar tol, namun tak ada yang berhenti, "Setelah itu enggak lama datang pak polisi, saya diambilin tandu yang lain juga dikeluarin," ujarnya.

Minibus menabrak truk di ruas jalan Tol Cipali atau tepatnya kilometer 74.600, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Akibat kejadian itu empat penumpang tewas, termasuk bayi berusia satu tahun.

Insiden kecelakaan maut itu berlangsung pukul 04.00 WIB, Rabu (22/9/2021). Kejadian bermula saat minibus ditumpangi 11 orang itu melaju dari arah Cirebon menuju Jakarta.

"Kendaraan Suzuki minibus XL 7 nopol B-2935-TRB yang dikemudikan Akmaludin membawa sebelas penumpang. Setiba di TKP mengalami pecah ban belakang kiri. Kemudian minibus hilang kendali ke ke kiri jalan dan menabrak bagian belakang truk. Minibus terperosok ke parit," ujar Kanit Laka Lantas Polres Purwakarta Iptu Jamal Nasir saat ditemui di Rumah Sakit Abdul Radjak, Purwakarta.

(mso/mso)