Jabar Hari Ini: Petugas Pencekik Warga Disanksi-Bos Toko Emas Dibunuh Gegara CCTV

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 21:08 WIB
pembunuhan
Ilustrasi kasus pembunuhan (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Bandung -

Anggota Satpol PP Kabupaten Bogor dikenai sanksi usai mencekik warga. Selain itu, modus perampokan sadis di Bandung bermula dari CCTV.

Berikut rangkuman berita Jabar-Banten hari ini:

Anggota Satpol PP Pencekik Warga Bogor Disanksi

Anggota Satpol PP Kabupaten Bogor Ihsan Rizaldi yang mencekik warga saat penertiban PKL di Stadion Pakansari diganjar sanksi. Apa sanksinya?

Sekretaris Satpol PP Kabupaten Bogor Iman Budiana mengatakan anggotanya tersebut dipindahtugaskan menjadi anggota seksi ketentraman dan ketertiban (trantib) di salah satu kecamatan di Kabupaten Bogor.

"Jadi berdasarkan semua yang melakukan investigasi, itu bukan berarti harus memberi hukuman yang berat kepada yang bersangkutan, seperti diberhentikan atau lainnya. Tetapi dalam tahap pembinaan, kami pindah tugaskan dulu yang bersangkutan menjadi anggota trantib di kecamatan," kata Iman dihubungi via telpon, Selasa (21/9/2021).

"Jadi ini dalam tahap pembinaan, jadi kalau kemarin dia bertugas dengan wilayah yang luas, se-Kabupaten Bogor, sekarang kita pindahkan ke tingkat kecamatan dengan lingkup wilayah yang lebih kecil. Ini sambil mengkoreksi diri dan akan dipantau langsung oleh kami melalui kanit di wilayahnya, akan ada laporan setiap hari terkait perilakunya," tutur Iman menambahkan.

Hasil pemeriksaan, menurut Iman, terungkap bahwa sempat terjadi penghinaan yang dialami Ihsan sebelum mencekik seorang warga. Sehingga, kata dia, Ihsan tersulut emosinya.

"Ya kan namanya juga manusia, kalau dihina-hina kan harga diri juga kali, mas. Tetapi sekali lagi, kami tidak membenarkan sikap yang bersangkutan (mencekik warga) dan itu tetap salah dalam pandangan kami di Satpol PP," katanya.

"Jadi, dia itu hanya sekedar, maaf saya bukan sedang pembelaan, jadi itu bukan berarti menantang atau gimana. Tetapi dia itu hanya mempertahankan atas penghinaan-penghinaan yang diberikan kepada yang bersangkutan. Sehingga itu, pernah saya katakan bahwa tidak mungkin tidak ada asap kalau tidak ada api," tutur Iman.

Rekaman video yang menayangkan arogansi petugas Satpol PP Kabupaten Bogor saat penertiban di Stadion Pakansari viral di media sosial. Dalam video berdurasi sembilan detik itu petugas Satpol PP sempat adu mulut dengan pedagang hingga mencekik seorang warga.

Usai video rekaman cekik warga itu viral, Ihsan meminta maaf. Ia pun siap menerima sanksi yang diberikan oleh kesatuannya di Satpol PP Kabupaten Bogor.