Warganya Masuk Kelompok Ali Kalora, Bupati Pandeglang Prihatin

Rifat Alhamidi - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 18:39 WIB
Bupati Pandeglang menjami pendidikan gadis difabel korban pencabulan
Bupati Pandeglang Irna Narulita (Foto: Rifat Alhamidi)
Pandeglang -

Bupati Pandeglang Irna Narulita buka suara berkaitan dengan warganya, Jaka Ramadhan yang tewas dalam baku tembak bersama Pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Ali Kalora Sulawesi Tengah. Irna pun mengaku prihatin lantaran ada warga di wilayahnya yang malah terjerumus dalam kelompok radikal.

"Saya tentu sangat prihatin. Saya menduga bahwa almarhum Jaka Ramadhan ini merupakan korban brain wash dari kelompok radikal MIT tersebut," katanya dalam keterangan resmi yang diterima detikcom di Pandeglang, Banten, Selasa (21/9/2021).

Irna meminta jajarannya lebih aktif melakukan program deradikalisasi supaya tak muncul bibit-bibit teroris baru yang berasal dari Pandeglang. Pihaknya pun sudah menginstruksikan jajaran di kecamatan agar memantau perkembangan keluarga Jaka Ramadhan.

"Karena sesungguhnya tindakan ini bertolak belakang dengan ajaran Agama Islam yang humanis dan menentang kekerasan serta teror. Saya sudah instruksikan camat untuk segera melakukan upaya persuasif kepada keluarga Jaka Ramadan, supaya menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan," pungkasnya.

Sebelumnya, Camat Bojong, Pandeglang, Endin Haerudin memastikan akan terus memantau keluarga Jaka Ramadhan. Pemantauan itu dilakukan lantaran Endin khawatir pihak keluarga Jaka ikut terpapar paham radikalisme.

"Sedang kami agendakan, nanti kami mau silaturahmi ke rumahnya buat pendekatan. Yang pasti, keluarganya akan kami pantau terus perkembangannya," katanya.

Ia berharap sang ibu bisa menerima kepergian anaknya dengan ikhlas dan mau bersosialisasi lagi ke lingkungan masyarakat. "Lewat pendekatan persuasif kami ingin ibu sama keluarganya tidak ikut-ikutan terpengaruh dengan kondisi yang ada. Mudah-mudahan harapan kami mereka bisa kembali lagi ke masyarakat, itu yang akan kami pantau terus," pungkasnya.

(mud/mud)