Satpol PP Bogor Sebut Anggotanya Cekik Warga Gegara Tersulut Emosi

M Solihin - detikNews
Minggu, 19 Sep 2021 13:44 WIB
Heboh video anggota Satpol PP cekik warga saat penertiban PKL di Bogor
Oknum anggota Satpol PP Bogor cekik warga (Foto: tangkapan layar video)
Bogor -

Satpol PP Kabupaten Bogor membenarkan anggotanya mencekik warga saat penertiban di sekitar Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. Anggotanya itu tersulut emosi.

"Memang anak ini anak baru, dia belum dilakukan pelatihan secara mental dan spiritual, belum dilakukan, karena anak ini pengganti dari anak yang mengundurkan diri, begitu. Sehingga belum pernah dilakukan itu," kata Sekertaris Satpol PP Kabupaten Bogor Iman Budiana saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (19/9/2021).

Iman menjelaskan, aksi cekik oknum anggota Satpol PP itu terjadi pada Sabtu (18/9/2021) sore. Saat itu, pria berseragam Satpol PP dalam video tersebut sudah bertugas sejak subuh untuk mengamankan kawasan Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, dari kerumunan dan pedagang liar.

Saat sore hari, lanjut Budi, petugas Satpol PP kemudian melakukan penertiban terhadap pedagang liar yang mulai berjualan menjelang malam akhir pekan. Hingga akhirnya petugas itu bertemu pedagang yang disebut sudah seringkali diingatkan, namun tidak mengindahkan peringatan petugas Satpol PP.

"Jadi itu berdasarkan via telpon yah, jadi mereka bertugas sejak subuh di Pakansari, ya mungkin yah, mengamankan disana capek juga, kemudian begitu ada yang menyulut begitu, pasti lah namanya manusia, orangnya itu-itu juga lagi, ya sudah pasti lah ya, namanya orang di lapangan beragam gitu ya," kata Budi.

Sebuah video yang menayangkan aksi arogansi anggota oknum Satpol PP di Kabupaten Bogor viral di media sosial. Dalam video tersebut nampak seorang anggota Satpol PP sempat beradu mulut dengan pedagang dan mencekik seorang pria.

Dalam video berdurasi 9 detik itu nampak seorang pria berseragam Satpol PP tengah melakukan penertiban terhadap pedagang di pinggir jalan raya. Pria berseragam tersebut nampak tengah beradu mulut dengan seorang perempuan berjilbab yang diduga pemilik dagangan yang akan diangkut petugas Satpol PP.

"Lu jangan bawa kemana-mana. Jangan sampai gue banting nih," kata perempuan berjilbab itu sambil mengangkat termos yang diambilnya dari gerobak dagangan.

Saat itu, gerobak dagangan si perempuan berjilbab itu berada di hadapan petugas Satpol PP dan diduga hendak diangkut. Rekaman video adu mulut itu berakhir dengan aksi cekik anggota Satpol PP terhadap pria berkaos putih yang diduga anak dari perempuan berjilbab pedagang kaki lima.

(mud/mud)