Heboh Video Anggota Satpol PP Cekik Warga Saat Penertiban PKL di Bogor

M Solihin - detikNews
Minggu, 19 Sep 2021 12:20 WIB
Bogor -

Sebuah video aksi arogansi anggota oknum Satpol PP di Kabupaten Bogor saat menertibkan PKL viral di media sosial. Oknum anggota itu mencekik seorang pria.

Dalam narasinya, video tersebut direkam di kawasan Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Video berdurasi 9 detik itu nampak seorang pria berseragam Satpol PP tengah melakukan penertiban terhadap pedagang di pinggir jalan raya. Pria berseragam tersebut nampak tengah beradu mulut dengan seorang perempuan berjilbab yang diduga pemilik dagangan yang akan diangkut petugas Satpol PP.

"Lu jangan bawa kemana-mana. Jangan sampai gue banting nih," kata perempuan berjilbab itu sambil mengangkat termos yang diambilnya dari gerobak dagangan.

Saat itu, gerobak dagangan si perempuan berjilbab itu berada di hadapan petugas Satpol PP dan diduga hendak diangkut.

"Banting saja," kata pria berseragam Satpol PP menjawab teriakan pedagang yang mengancam akan membanting termos yang dipegangnya.

Saat bersamaan, seorang pria menggunakan kaos putih menghampiri sambil meneriaki petugas. Pria berkaos putih itu diduga anak dari perempuan pedagang asongan.

"Eh bang lu jangan songong sama orang tua gua," kata pria berkaos putih sambil menunjuk ke arah pria berseragam Satpol PP dan mendekatinya.

Tanpa banyak bicara, pria berseragam Satpol PP itu langsung mencekik pria berkaos putih sambil terus mendorongnya. Video itu diakhiri dengan teriakan pria yang diduga perekam aksi arogansi petugas Satpol PP.

"Bang, bang, jangan bang, jangan bang," suara perekam dalam akhir video tersebut.

Sekretaris Satpol PP Kabupaten Bogor Iman Budiana membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, peristiwa itu terjadi saat petugas Satpol PP melakukan penertiban pedagang kaki lima yang berjualan di area terlarang di kawasan GOR Pakansari, Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor.

"Itu kejadian kemarin sore, bukan hari ini. Sehingga, tolong yah, pemberitaannya secara seimbang, berimbang gitu," kata Iman Budiana dikonfirmasi detikcom, Minggu (19/9/2021).

"Kita lagi ngecek, ngecek terhadap kejadian tersebut seperti apa, karena saya juga baru lihat (video viral). Cuma, berdasarkan informasi di lapangan, baru sekedar informasi nih, saya belum bisa pastikan benar atau tidaknya saya belum jelas, (informasi) dari pimpinan, Danki-nya saat itu yah, pedagang itu sudah beberapa kali dilakukan pengusiran (ditertibkan), tetapi pedagang itu tidak mengindahkan, berapa kali ditindak, dia selalu melawan, orang itu (melawan)," imbuhnya.

Iman menyebut, saat ini pihaknya masih menelusuri kebenaran dan kronologis kejadian tersebut. Ia akan menemui langsung pimpinan yang bertugas hari itu dan anggota Satpol PP yang diduga mencekik pedagang.

"Jadi informasi seperti itu, info ya, saya juga belum ketemu langsung sama danki nya dan sama anaknya (anggota satpol pp) juga belum ketemu, baru via telpon saja," kata Iman.

(mud/mud)