Polres Sukabumi Kota Bongkar Bisnis Miras di Kawasan Perumahan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 23:06 WIB
Polres Sukabumi Kota Bongkar bisnis minuman keras di perumahan
Foto: Istimewa
Sukabumi -

Personel kepolisian Resort Sukabumi Kota menggerebek sebuah rumah di kawasan Perumahan Perana Estate blok C RT 04/10 Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole Kota Sukabumi.

Dari rumah tersebut, polisi mengungkap bisnis penjualan minuman keras (miras) berbagai merek yang dioperasikan dari dalam perumahan. Ratusan botol miras berbagai jenis dan merk mulai dari Captain Morgan, Ice Land hingga Soju disita polisi.

"Jumlah keseluruhan ada sebanyak 201 botol, kami melakukan penggerebekan setelah sebelumnya mendapat laporan dari warga soal adanya praktik penjualan miras dari dalam perumahan," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin kepada detikcom, Sabtu (18/9/2021) malam.

Dari operasi tersebut kepolisian mengamankan dua orang diduga sebagai pemilik miras-miras tersebut. Mereka berinisial DA dan NK sebagai pemilik rumah yang disulap untuk menjalankan bisnis miras tersebut.

"Ada dua orang kita amankan, jadi mereka ini menjual langsung miras itu ke pembeli. Kami menduga hal ini karena banyaknya operasi rutin soal miras yang biasanya kita jaring di toko-toko membuat penjualan minuman haram itu bergeser ke kawasan rumah warga," jelas Zainal.

Untuk wilayah peredaran, Zainal menyebut miras itu memang akan diedarkan di wilayah Kota Sukabumi. "Ya, rencananya mereka akan mengedarkan kembali di Kota Sukabumi," jelasnya.

Untuk dua pelaku yang diamankan Zainal akan menjerat mereka dengan pasal tindak pidana ringan karena menurutnya Kota Sukabumi sendiri memiliki perda soal larangan penjualan minuman beralkohol alias zero miras.

"Saat ini kedua tersangka sudah diamankan di Mapolres Sukabumi Kota untuk penyelidikan lebih lanjut," pungkasnya.

(sya/ern)