Teten Masduki Sebut Beras Cianjur Bisa Jadi Domestik Unggulan di Pasar Dunia

Ismet Selamet - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 20:15 WIB
Teten Masduki di Cianjur
Foto: Ismet Selamet
Cianjur -

Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mendorong produk pangan dan unggulan domestik masuk dalam pasar dunia. Perbaikan secara kelembagaan usaha para pelaku UMKM.

Dia mengatakan dunia tidak lagi membidik investasi manufaktur, tetapi mulai melirik produk unggulan domestik.

"Makanya kita sudah mulai membidik UMKM yang masuk sektor-sektor yang di mana kita memiliki keunggulan domestik untuk bersaing di pasar dunia," ujar dia saat melakukan kunjungan ke Cianjur, Sabtu (18/9/2021).

"Untuk di Cianjur, produk pangan berupa beras dan kopi bisa menjadi produk domestik unggulan yang dibidik untuk dikembangkan," imbuhnya.

Menurut Teten, untuk mengejar hal tersebut, pihaknya akan melakukan pembenahan secara kelembagaan usaha. Sebab dengan pembenahan tersebut, UMKM bisa mendapatkan suntikan pendanaan dan bantuan untuk mengembangkan usahanya.

"Untuk mengejar ketertarikan dunia pada produk unggulan domestik, makanya kami kementerian Koperasi dan UMKM ditugaskan untuk membenahi kelembagaan usahannya," tutur dia.

Khusus untuk produk pangan, lanjut dia, pengembangan produk dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani hingga mewujudkan ketahanan pangan nasional.

"Jadi tidak hanya UMKM-nya, tapi juga meningkatkan kesejahteraan hingga tingkat petani," ucapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Cianjur Tb Mulyana, mengatakan program pengembangan UMKM oleh kementerian menjadi peluang bagi pelaku UMKM terutama sektor pangan.

"Kita di daerah juga berusaha melakukan penataan, jadi mulai dari petani hingga kelompok usahanya bisa bekerjasama untuk memaksimalkan peluang tersebut. Sehingga produk pangan Cianjur bisa lebih dikenal dan dipasarkan lebih luas untuk kesejahteraan semuanya," pungkasnya.

(ern/ern)